Gerakan spinx yoga bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan rasa sakit di pinggul. (Foto: Freepik.com)
Gerakan spinx yoga bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan rasa sakit di pinggul. (Foto: Freepik.com)

Tips Latihan untuk Saraf Terjepit di Pinggul

Rona kesehatan kesehatan sendi
Sunnaholomi Halakrispen • 05 Juli 2020 08:00
Jakarta: Saraf terjepit di pinggul menyebabkan nyeri berkepanjangan yang jika dibiarkan bisa menyebabkan risiko lainnya. Agar tidak semakin memburuk, Anda bisa melakukan sejumlah latihan yang tepat. 
 
Salah satunya, latihan atau workout bagian gluteus atau glutes yang merupakan otot terbesar di sekitar bokong, pinggul, dan paha. Berikut tips latihan untuk saraf terjepit di pinggul yang dijelaskan dalam Medical News Today.

1. Peragangan glutes

Glutes atau otot gluteal adalah otot di area bokong. Mereka terkait erat dengan banyak penyebab nyeri pinggul. Ketegangan pada otot-otot ini juga dapat memperburuk nyeri punggung bawah.
 
Gunakan latihan berikut untuk meregangkan glutes ialah duduk di lantai dengan kaki lurus ke depan. Tekuk lutut kanan dan silangkan kaki kanan melewati lutut kiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, gerakkan tumit kanan ke dekat ke bokong kiri, jaga agar kaki kanan tetap rata di lantai. Raih lengan kanan di belakang dan biarkan jari-jari menyentuh lantai di belakang.
 
Selanjutnya, letakkan tangan kiri di atas lutut kanan. Perlahan, tarik lutut kanan ke arah kiri hingga merasakan regangan di area bokong dan pinggul. Kemudian, tahan selama 15 hingga 30 detik. Lepaskan dan ulangi perlahan di sisi lain.

Cara lainnya

Berbaringlah datar di lantai dengan wajah menghadap ke atas dan kaki lurus. Lalu, angkat kaki kiri dan pinggul, silangkan ke kanan. Jaga agar bahu dan punggung tetap rata di lantai.
 
Terus lakukan peregangan sampai terasa regangan di glute dan pinggul. Langkah selanjutnya, tahan hingga 30 detik dan lepaskan perlahan. Ulangi di sisi lain.

2. Peregangan seluruh tubuh

Semua otot tubuh bekerja bersama. Maka dari itu, memiliki fleksibilitas yang baik di semua kelompok otot dapat membantu menghindari saraf terjepit dan nyeri yang terkait dengan otot.
 
Cobalah gerakan santai dan menyegarkan ini untuk meregangkan berbagai otot di tubuh. Pertama, berdirilah tegak dengan kaki selebar pinggul. Lutut harus sedikit ditekuk, tidak dikunci. Kemudian, tarik napas dan perlahan-lahan membungkuk ke depan di pinggul. 
 
Turunkan kepala dengan lembut ke lantai dan fokus untuk menjaga tubuh bagian atas tetap rileks. Langkah berikutnya, pegang bagian belakang kaki bagian bawah dengan tangan. Tahan selama 30 detik sambil bernapas dalam-dalam, dan perlahan bangkit untuk berdiri lagi. Ulangi sesuai dengan kemampuan Anda.

Cara lainnya, Anda bisa melakukan sphinx

Pose yoga ini membantu meregangkan punggung bagian bawah dan memperkuat perut, yang keduanya terkait dengan pinggul.
 
Langkah pertama, berbaringlah telungkup di lantai dengan kaki lurus. Selipkan siku di bawah bahu dan letakkan lengan rata di lantai. Lalu, angkat dada dari lantai dan tekan pinggul dan paha ke bawah ke lantai. 
 
Terus angkat dada sampai terasa regangan di punggung bawah. Berfokuslah untuk merilekskan bahu dan meregangkan tulang belakang. Kemudian, tarik untuk merasakan peregangan, tetapi berhentilah jika terasa menyakitkan.
 
Seperti halnya peregangan, beberapa gerakan lebih baik untuk jenis tubuh tertentu. Cara terbaik untuk menerapkan program peregangan ialah dengan bantuan pelatih pribadi yang bersertifikat, dokter olahraga, atau terapis fisik.
 

(TIN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif