Bahaya yang terjadi jika wanita hamil tak perhatikan gigi dan mulut. (Foto: Pexels.com)
Bahaya yang terjadi jika wanita hamil tak perhatikan gigi dan mulut. (Foto: Pexels.com)

Wanita Hamil Penting Perhatikan Kesehatan Gigi dan Mulut

Rona kehamilan
Raka Lestari • 03 Juli 2020 21:49
Jakarta: Memerhatikan kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting bagi semua orang, tidak terkecuali bagi wanita yang sedang hamil. Jika kesehatan gigi dan mulut pada wanita hamil tidak dijaga, bukan hanya gigi dan mulut saja yang terkena dampaknya tetapi bayi yang ada di dalam kandungan pun bisa terkena dampaknya.
 
“Wanita hamil disarankan untuk rutin melakukan pengecekan pada gigi. Hal ini karena wanita yang sedang hamil biasanya akan lebih riskan terhadap masalah yang berkaitan dengan gigi dan mulut,” ujar drg. Theresia Dessy, seorang pakar kesehatan gigi, dalam acara edukasi virtual bersama Listerine, Kamis, 2 Juli 2020.
 
Menurut drg. Theresia, hal ini karena adanya perubahan hormon yang terjadi selama seseorang wanita menjalani kehamilan. “Perubahan hormon tersebut bisa menyebabkan masalah pada gigi seperti gusi bengkak atau gusi yang berdarah,” tutur drg. Theresia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Selain itu juga, wanita hamil terkadang mengalami perasaan mual yang menyebabkan mereka enggan sikat gigi. Sehingga ketika menyikat gigi itu tidak secara keseluruhan sampai ke bagian ujung. Pada bagian yang tidak dibersihkan tersebut lama-kelamaan bisa terjadi penumpukan plak pada gigi,” ujar drg. Theresia. 
 
Dan menurut drg. Theresia, penumpukan plak yang terjadi di gigi tersebut jika dibiarkan bisa menyebabkan gigi berlubang karena ada kuman dan bakteri. “Kemudian kuman dan bakteri tersebut bisa masuk dan menyebar ke pembuluh darah yang ada di dalam tubuh,” jelas drg. Theresia. 
 
“Bakteri yang menyebar di pembuluh darah tersebut, bisa masuk ke dalam plasenta bayi. Hal inilah yang pada akhirnya bisa menyebabkan bayi lahir prematur atau ketika lahir bayi memiliki berat badan yang kurang dari semestinya,” tegasnya.
 
Untuk itu, drg. Theresia menyarankan agar para wanita hamil rajin dan rutin melakukan pengecekan kondisi gigi dan mulut selama masa kehamilan. Dan sebaiknya para wanita hamil juga tidak perlu takut untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi. 
 
Dan akan lebih baik jika Anda punya masalah gigi untuk diperhatikan terlebih dahulu, agar semasa kehamilan bisa dijalani dengan lebih nyaman. Tidak ada salahnya rutin ke dokter gigi dan perbaiki jika gigi Anda bermasalah. 

 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif