(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

6 Hal yang Bisa Anda Lakukan agar Tidak Cepat Pikun

Rona demensia
Sri Yanti Nainggolan • 13 Juni 2018 17:09
Jakarta: Menjaga kesehatan otak tak hanya membuat keseharian lebih produktif, tetapi juga menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan masalah ingatan lainnya. 
 
Berikut adalah beberapa cara agar menunda penuaan otak yang efektif dan mudah dilakukan dalam keseharian. 
 
1. Olahraga

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara terbaik untuk menjaga otak tetap sehat dan muda adalah kombinasi program aerobik dan angkat beban. Dua tipe olahraga ini dapat mencegah gangguan mental sekaligus memulihkan memori. 
 
2. Makan
 
Makanan tinggi antioksidan baik untuk tubuh karena dapat menetralkan radikal bebas, yang dapat merusak neuron di otak. Beberapa jenis buah berwarna dan sayuran yang banyak mengandung zat tersebut adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan rempah. 
 
3. Latihan otak
 
Studi baru menunjukkan bahwa orang-orang dari segala usia dapat melatih otak menjadi lebih cepat dan lebih muda. Salah satunya adalah dengan tetap melakukan beberapa hal seperti saat masih produktif, dimana otak tetap terlatih. 
 
4. Tetap tenang
 
Tekanan traumatik buruk untuk sel otak karena dapat mengganggu proses kognitif seperti belajar dan mengingat, dimana dapat membatasi kualitas hidup secara keseluruhan. Salah satu contohnya adalah adalah bagian dari otak yang disebut hippocampus, yang merupakan lokus utama dari pembentukan ingatan, yang dapat secara serius dilemahkan oleh stres kronis. Oleh karena itu, cobalah tetap tenang dengan melakukan latihan pernapasan. 
 
5. Istirahat
 
Cobalah istirahat sejenak ketika menghadapi masalah. Para peneliti dari Harvard Medical School menemukan bahwa tidur sejenak dapat membuahkan solusi kreatif. Otak yang tidur diduga mampu mensintesis informasi yang rumit.
 
6. Tertawa
 
Humor menstimulasi bagian dalam otak sehingga menghasilkan kimia dopamin yang membuat perasaan senang. Tertawa adalah sesuatu yang menyenangkan dan membuat otak menjadi kecanduan. 
 

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi