Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat anak mulai toilet training. (Foto: Ilustrasi. Dok. Valeria Zoncoll/Unsplash.com)
Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat anak mulai toilet training. (Foto: Ilustrasi. Dok. Valeria Zoncoll/Unsplash.com)

Enam Tanda Si Kecil Siap Toilet Training

Rona perkembangan anak
14 Desember 2018 13:23
Jakarta: Melatih anak untuk buang air langsung di toilet atau potty training bukanlah perkara mudah. Butuh kesabaran dan latihan terus-menerus agar si kecil terbiasa melakukannya. Jika Anda bersikap terlalu keras, si kecil malah jadi stres dan akhirnya gagal.

Toilet training memang sebaiknya dilakukan sejak dini. Idealnya, setelah memasuki 18 bulan dan 36 bulan si kecil akan siap melakukan toilet training.

Alasannya karena ia mampu berdiri sendiri dan duduk dengan baik. Namun, Anda juga harus melakukannya secara bertahap dan penuh kesabaran karena setiap anak memiliki kesiapan berbeda-beda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dilansir dari BabyCenter, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat anak mulai toilet training.
(Potty training memang sebaiknya dilakukan sejak dini. Idealnya, setelah memasuki 18 bulan dan 36 bulan. Foto: Ilustrasi. Dok. Li Tzuni/Unsplash.com)

(Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Anak Belajar Toilet Training?)

1. Tiga bulan
Lakukan toilet training selama tiga bulan. Jika selama periode itu si kecil masih belum berhasil melakukanya, kemungkinan besar belum siap.

2. Alat bantu
Gunakan dudukan toilet khusus untuk si kecil agar merasa nyaman.

3. Ajari si kecil
Ajak si kecil untuk duduk di atas toilet selama 15-20 menit dan berikan juga penjelasan bahwa kapan si kecil perlu buang air kecil dan buang air besar.

4. Lakukan secara bertahap
Jangan paksa si kecil untuk bisa melakukanya, lakukan sesuai dengan kemampuannya dan bertahap.

5. Pujian
Berikan pujian kepada si kecil bahwa bisa melakukannya dengan baik.

6. Selalu mengingatkan
Jika popoknya basah, ingatkan agar si kecil memberi tahu Anda.


Maria Fransiska




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi