Mengetahui efek dari kafein kopi yang begitu baik untuk kesehatan mental, mulailah hari Anda untuk meminum kopi sebagai alternatif untuk mengurangi tekanan berat. (Foto Ilustrasi: Clem Onojeghou/Unsplash.com)
Mengetahui efek dari kafein kopi yang begitu baik untuk kesehatan mental, mulailah hari Anda untuk meminum kopi sebagai alternatif untuk mengurangi tekanan berat. (Foto Ilustrasi: Clem Onojeghou/Unsplash.com)

Kopi Mengurangi Risiko Bunuh Diri

Rona kopi
Kumara Anggita • 13 Maret 2019 06:40
Sebuah studi menyatakan, orang yang minum lebih dari empat cangkir kopi dalam sehari, 53 persen lebih kecil kemungkinannya untuk bunuh diri dibandingkan orang yang minum kurang dari satu cangkir sehari.
 
Jakarta: Kopi memiliki beragam manfaat yang terkandung. Tapi siapa sangka, jika kopi juga mengurangi risiko bunuh diri.
 
Pada zaman yang penuh dengan tekanan ini, kopi membantu Anda menjalani hari dengan lebih positif. Sebab kandungan kafein dalam secangkir kopi membantu orang untuk tidak depresi. Oleh karena itu, tak jarang kita melihat orang-orang yang memulai harinya dengan meminum kopi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir WebMd, dalam penelitian yang diterbitkan World Journal of Biological Psychiatry, kafein dalam kopi meningkatkan neurotransmitter yang dapat mengangkat suasana hati seseorang. Tidak hanya itu, kopi juga berfungsi sebagai antidepresan ringan.
 
"Tidak seperti investigasi sebelumnya, kami dapat menilai hubungan konsumsi minuman berkafein dan non-kafein. Kami mengidentifikasi bahwa kafein dari kopi sebagai kandidat yang paling mungkin memberikan efek perlindungan,” kata Peneliti Nutrisi di Harvard School of Public Health, Michel Lucas.
 
Dalam penelitian itu juga ditemukan bahwa orang yang minum lebih dari empat cangkir kopi per hari, memiliki 53 persen kemungkinan untuk tidak melakukan bunuh diri. Presentasi itu lebih banyak dibandingkan orang yang hanya meminum kurang dari secangkir per harinya.

Baca juga: Dampak Terlalu Lama Duduk bagi Kesehatan Otak

Sementara itu, bagi yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari, memiliki risiko bunuh diri 45 persen lebih rendah. 
 
Artinya, bila pada hari tertentu Anda akan mengalami banyak tekanan, bisa dipertimbangkan meminum kopi lebih dari satu cangkir atau sesuai dengan kesanggupan tubuh Anda.
 
Mengetahui efek dari kafein kopi yang begitu baik untuk kesehatan mental, mulailah hari Anda untuk meminum kopi sebagai alternatif untuk mengurangi tekanan berat.
 
Selain itu membuat kopi juga praktis dan cepat. Anda bisa membuat dan membelinya kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Namun perlu diingat, minum kopi juga sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, khususnya untuk orang yang tidak biasa minum kopi atau memiliki penyakit mag.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif