Meditasi bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara mengurangi kegelisahan yang Anda rasakan. (Foto: Simon Migaj/Unsplash.com)
Meditasi bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara mengurangi kegelisahan yang Anda rasakan. (Foto: Simon Migaj/Unsplash.com)

Redakan Rasa Gelisah dengan Cara Ini

Rona kesehatan mental
Kumara Anggita • 23 Januari 2019 13:35
Jakarta: Anda pasti pernah merasa cemas saat di bawah tekanan atau situasi-situasi tertentu yang tidak bisa ditangani. Jangan dulu melakukan hal-hal yang tak sehat atau justru membuat diri Anda bertambah berat memikirkannya.
 
Cara di bawah ini bisa Anda coba lakukan untuk meredakan kegelisahan tersebut.
 
1. Olahraga
Cobalah untuk berjalan kaki setidaknya 10 menit. Hal ini dapat memberikan pengaruh yang serupa dengan latihan 45 menit. Anda akan merasa lebih baik setelahnya. Lebih baik lagi, jika ada berolahraga secara teratur setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Tips Menghilangkan Pikiran Cemas Sebelum Tidur)
 
Redakan Rasa Gelisah dengan Cara Ini
(Berkebun bisa jadi salah satu solusi Anda untuk meredakan rasa gelisah atau cemas karena Anda berkegiatan. Foto: Pixabay.com)
 
2. Berkebun
Bersentuhan dengan alam. Letakan tangan Anda dengan tanah dan tanaman. Berkebun membuat otak Anda melepas zat kimia yang membuat suasana hati membaik. Oleh karena itu, kecemasan Anda bisa berkurang.
 
3. Berhubungan seks
Seks dapat menurunkan respons stres pada tubuh Anda. Dengan kehidupan seks yang sehat terutama dengan suami atau istri Anda dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan kecemasan akan berkurang.
 
4. Meditasi
Meditasi membantu Anda fokus dalam pernapasan maupun pikiran. Ketika kekhawatiran menyelinap masuk melalui meditasi, pikiran buruk dapat Anda abaikan dengan cepat. Lakukan dengan cara awal kemudian intensitas dapat bertambah.
 
5. Tidur
Tidur dapat mengistirahatkan otak, membuat suasana hati lebih baik, dan memfokuskan pikiran Anda. Pastikan Anda tidur dengan waktu yang cukup. Tujuh hingga sembilan jam sehari.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif