Buah ini juga identik dengan musim panas. (Foto Ilustrasi: Nick Sarro/Unsplash.com)
Buah ini juga identik dengan musim panas. (Foto Ilustrasi: Nick Sarro/Unsplash.com)

Manfaat Kesehatan yang Tertuang dari Blackberry

Rona kesehatan
Raka Lestari • 22 Januari 2019 16:15
Jakarta: Blackberry merupakan salah satu buah yang terkenal kaya akan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Blackberry juga sangat mudah ditemukan, terutama ketika musim panas datang.
 
Buah ini juga identik dengan musim panas. Namun jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk yang sudah dibekukan pun ternyata tidak mengurangi manfaat kesehatan dari blackberry.
 
Dikutip dari Health, berikut ini adalah manfaat kesehatan dari blackberry:
1. Kaya akan Serat
Satu cangkir blackberry mengandung sekitar 60 kalori, setara dengan 8 gram serat. Jumlah tersebut sudah mencukupi sekitar sepertiga dari jumlah serat yang harus Anda makan dalam sehari. Kandungan serat tersebut dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, mencegah kolesterol, mendukung penurunan berat badan, dan mengatur kadar gula darah dan insulin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Kaya dengan Vitamin C
Dalam satu cangkir blackberry Anda akan mendapatkan sekitar setengah dari target harian untuk vitamin C. Selain mendukung kekebalan tubuh dan kulit yang sehat, antioksidan kuat ini diperlukan untuk perbaikan DNA, dan produksi kolagen dan serotonin (neurotransmitter yang membantu meningkatkan kebahagiaan dan tidur).
 
3. Mendukung Kesehatan Tulang
Satu cangkir blackberry mentah memenuhi lebih dari sepertiga kebutuhan harian Anda akan vitamin K yang sangat penting untuk tulang Anda. Vitamin K diperlukan untuk pembentukan tulang, dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin K terkait dengan peningkatan risiko patah tulang dan osteoporosis. Mangan dalam blackberry juga mendukung kesehatan tulang, serta produksi kolagen untuk kulit dan sendi yang sehat.
 
4. Mengontrol Gula Darah
Blackberry dikenal karena kandungan indeks glikemik yang rendah. Mereka juga salah satu buah dengan kandungan gula terendah. Dengan hanya 7 gram per cangkir segar. Kadar gula yang rendah dikombinasikan dengan kadar serat yang tinggi menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengatur kadar gula darah dan insulin.
 
5. Melindungi Otak Anda
Antioksidan dalam beri, termasuk blackberry, telah terbukti membantu mengurangi peradangan otak, dan mengubah cara neuron berkomunikasi. Hal ini dapat membantu menangkal kehilangan memori yang berkaitan dengan usia, melindungi koordinasi motorik, dan mencegah penurunan fungsi kognitif.
 
Wisata Petik Buah Jambu Madu

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif