Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang kurang bersahabat bagi bau dalam mulut Anda. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang kurang bersahabat bagi bau dalam mulut Anda. (Foto: Pexels.com)

Minuman yang Dapat Menyebabkan Bau Mulut

Rona kesehatan
Raka Lestari • 23 April 2019 06:00
Selain memakan bawang putih meninggalkan bau pada mulut Anda, ada beberapa minuman yang juga bisa membuat bau mulut Anda. Menurut Cynthia Sass, MPH, RD, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat membuat mulut menjadi kering yang dapat meningkatkan bau mulut.
 

 
Jakarta:
Jika Anda sedang berbincang-bincang dengan kolega atau teman dan mendapati mereka sedikit menjauh ketika Anda sedang berbicara, itu mungkin sebuah pertanda bahwa ada sesuatu yang terjadi. Salah satunya adalah bau mulut. 
 
Setiap orang tentu tahu bahwa beberapa makanan tertentu seperti bawang putih dapat menghasilkan bau mulut yang tidak sedap, namun ada juga beberapa jenis minuman tertentu yang buruk bagi mulut Anda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang kurang bersahabat bagi bau dalam mulut Anda dikutip dari Health:

1. Kopi

Ada banyak sekali orang yang menyukai kopi, namun tentu Anda tidak akan menyukai salah satu efek samping yang merugikan dari minum kopi yaitu bau kopi. Minuman kopi sendiri sangat tinggi akan bau sulfur atau belerang yang berkontribusi pada bau mulut. 
 
Dan jika Anda berpikir mengganti kopi dengan teh adalah jawabannya mungkin perlu dipikirkan lagi. Menurut Cynthia Sass, MPH, RD, "Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat membuat mulut menjadi kering, yang dapat meningkatkan bau mulut karena air liur membantu membersihkan bakteri dan partikel makanan yang menyebabkan bau mulut."
 
(Baca juga: Cara Alami Hilangkan Bau Mulut)
 
Minuman yang Dapat Menyebabkan Bau Mulut
(Menurut Cynthia Sass, MPH, RD, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat membuat mulut menjadi kering yang dapat meningkatkan bau mulut. Foto: Pexels.com)

2. Alkohol

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018 dan dipublikasikan dalam jurnal Microbiome, para peneliti yang memeriksa sampel air liur dari sekitar 1.000 sukarelawan yang sehat dengan rentang usia 55-84 tahun.
 
Mereka menemukan bahwa air liur yang memiliki konsentrasi bakteri "jahat" yang lebih tinggi lebih banyak terdapat pada sukarelawan yang minum alkohol. 
 
"Selain mengubah bakteri di mulut Anda, alkohol juga dapat memicu refluks asam yang menyebabkan asam lambung merayap naik ke tenggorokan, dan asam itu memiliki bau," tambah Sass.

3. Minuman berkarbonasi

Menurut Gigi Meinecke, DMD, seorang dokter gigi dengan gelar Academy of General Dentistry asal Amerika Serikat, "Ada asam dalam soda dan minuman bergula lainnya yang membuat mereka menghasilkan suara desisan, tetapi asam adalah penyebab utama dalam bau mulut."
 
"Keasaman mengeringkan mulut Anda, memungkinkan bakteri dan makanan berlama-lama, akhirnya menyebabkan bau mulut."
 
Bagaimanapun, air putih tetaplah pilihan terbaik. Sass menyarankan untuk melakukan kebiasaan minum segelas air setelah makan. "Ini dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang dapat menyebabkan bau pada mulut Anda," katanya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif