Jika seseorang memiliki gejala IMS, terlepas dari apakah mereka baru-baru ini terpapar atau tidak, penting untuk menemui dokter. (Foto: Pexels.com)
Jika seseorang memiliki gejala IMS, terlepas dari apakah mereka baru-baru ini terpapar atau tidak, penting untuk menemui dokter. (Foto: Pexels.com)

Apakah Penyakit Blue Waffle Itu Nyata?

Rona kesehatan reproduksi
Timi Trieska Dara • 22 Agustus 2019 14:51
Terdengar aneh, nama penyakit Blue Waffle pernah melanda dunia online dengan gambar penyakitnya. Dalam pidato tahun 2017 yang dipresentasikan di situs web Annals of Internal Medicine, Anita Ravi, MD, seorang dokter keluarga yang berbasis di New Jersey, mengonfirmasi bahwa penyakit itu tidak nyata.
 

 
Jakarta: Jika Anda menghindari untuk melihat foto "penyakit wafel biru" yang terkenal, anggap diri Anda beruntung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2010, foto grafis Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebut penyakit wafel biru (Blue Waffle) beredar di internet. Gambar menunjukkan keropeng, kelihatannya terinfeksi, labia berwarna biru. (Jika Anda tidak percaya, cari sendiri gambar Blue Waffle di Google-meskipun kami sangat menyarankan untuk tidak melakukannya.)
 
Gambar itu semakin menarik ketika seorang anggota dewan wanita New Jersey diejek setelah mengumumkan bahwa penyakit itu, yang hanya bisa didapatkan oleh wanita, telah merenggut 85 nyawa.
 
Untungnya, terlepas dari foto yang tampak realistis dan klaim palsu anggota dewan itu, penyakit wafel biru tidak lebih dari tipuan internet. Fiuh...
 
Tidak hanya penyakit fiktif ini tidak ada dalam teks medis, majalah, dan situs web terkemuka. Penyakit ini juga dibantah oleh para dokter terkemuka. Dalam pidato tahun 2017 yang dipresentasikan di situs web Annals of Internal Medicine, Anita Ravi, MD, seorang dokter keluarga yang berbasis di New Jersey, mengonfirmasi bahwa penyakit itu tidak nyata.
 
Apakah Penyakit Blue Waffle Itu Nyata?
(Meskipun tidak ada kondisi yang membuat labia Anda membiru, Anda harus mengunjungi dokter untuk mengatasi berbagai gejalanya. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 
"Ini adalah tipuan internet yang terkenal dan rumit dengan seseorang yang memiliki keterampilan pemotretan (photoshopping) indah," kata Dr Ravi. Dia berbicara tentang hal itu dua tahun yang lalu, tetapi gambar itu terus beredar, dan orang-orang yang tidak curiga padanya.
 
Christine Greves, MD, seorang Obstetrics and gynaecology (Ob-Gyn) di pusat Kebidanan dan Ginekologi di Orlando Health di Florida, mengonfirmasi kepada Health bahwa dia belum pernah mendengar tentang penyakit itu dan dia tidak percaya itu nyata.
 
Namun, jika Anda mengalami ketidaknyamanan, gatal, atau gejala lain pada atau di sekitar vulva atau vagina Anda, penting untuk memeriksanya, sarannya. Anda tidak akan didiagnosis dengan penyakit wafel biru, tetapi tes mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki IMS lain.
 
"Jika seseorang memiliki gejala IMS, terlepas dari apakah mereka baru-baru ini terpapar atau tidak, penting untuk menemui dokter mereka," kata Dr Greves. "Terkadang gejalanya tidak segera muncul."
 
Beberapa IMS dan infeksi vagina sebenarnya memiliki gejala yang mirip (tetapi tidak menjijikkan) seperti pada foto penyakit wafel biru. Herpes Simplex Virus-2, atau herpes genital, dapat menyebabkan luka dan borok yang akhirnya menjadi keropeng. Infeksi jamur dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan di luar vagina.
 
Meskipun tidak ada kondisi yang membuat labia Anda membiru, Anda harus mengunjungi dokter untuk mengatasi gejalanya.
 
Maka tenanglah mengetahui bahwa gambar mengganggu yang terkenal dari "penyakit wafel biru" tidak perlu dikhawatirkan karena itu tidak ada. Namun jangan menunggu untuk diuji jika ada sesuatu yang tidak beres di bawah itu.
 
Sekalipun semuanya tampak baik-baik saja dengan komponen pribadi Anda, pastikan Anda mendapatkan tes reguler seperti yang disarankan oleh Obgyn atau kandungan Anda. Kadang-kadang penyakit yang sering tidak memiliki tanda-tanda yang jelas-seperti klamidia dan gonnorhea IMS, atau bahkan HIV-yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan paling besar pada kesehatan Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif