Makanan-makanan yang Bisa Membuat Gangguan Kecemasan Anda Bertambah Buruk

Raka Lestari 25 Juni 2018 06:00 WIB
kesehatanpsikologi
Makanan-makanan yang Bisa Membuat Gangguan Kecemasan Anda Bertambah Buruk
Menurut Lindsey Smith, makanan manis seperti permen, kue, muffin, atau bahkan buah-buahan kering dapat membuat kecemasan Anda terasa lebih buruk karena kandungan gula berlebih. (Foto: Alex Iby/Unsplash.com)
Jakarta: Sudah bukan rahasia lagi bahwa apa yang Anda makan dapat berpengaruh pada perasaan Anda. Namun terkadang, makanan-makanan yang mungkin Anda kira dapat membuat lebih baik gangguan kecemasan yang Anda alami bisa jadi merupakan makanan-makanan yang dapat membuat gangguan kecemasan Anda bertambah buruk. 

Meskipun ada beberapa jenis makanan yang dapat memperburuk gangguan kecemasan Anda, menurut Lindsey Smith, seorang pelatih kesehatan, mengatakan bahwa penting untuk diingat bahwa setiap orang berbeda-beda, sehingga makanan yang bisa memperburuk gangguan kecemasan setiap orang pun berbeda-beda. 

Namun tetap saja Anda perlu memerhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda. Karena makanan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mental Anda. Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika Anda mengalami gangguan kecemasan.


(Baca juga: Plus Minus Memiliki Gangguan Kecemasan)

1. Roti tawar
Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, makanan yang meningkatkan gula darah Anda, seperti roti tawar dan zat tepung yang sudah diproses memiliki gandungan indeks glikemik yang tinggi dan terkadang dapat juga meningkatkan tingkat stres Anda. 

Bukan berarti Anda harus menghilangkan asupan karbohidrat sama sekali, namun Anda bisa memilih karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, quinoa, beras merah, gandum utuh, atau ubi jalar yang memiliki kandung glikemiks yang rendah. 


(Meskipun ada beberapa jenis makanan yang dapat memperburuk gangguan kecemasan Anda, menurut Lindsey Smith, seorang pelatih kesehatan, mengatakan bahwa penting untuk diingat bahwa setiap orang berbeda-beda, sehingga makanan yang bisa memperburuk gangguan kecemasan setiap orang pun berbeda-beda. Foto: Zhph Production/Stocksy)

2. Wine
Alkohol memang merupakan depresan, tetapi ketika dicerna dalam tubuh Anda, alkohol akan mengubah dirinya sendiri menjadi gula. Menurut Medical News Today, minum alkohol meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh Anda yang dapat menurunkan kadar gula darah Anda dan itu tidak bagus untuk menjaga suasana hati yang tenang dan stabil. "Terlalu banyak konsumsi alkohol akan membuat kita merasa gugup," ujar JR Fletcher, seorang ahli gizi. 

3. Kafein
"Kopi, meskipun kita menyukainya untuk membantu kita menjalani aktivitas sehari-hari, dapat menimbulkan kecemasan," ujar Darin Hulslander, seorang ahli gizi dan personal trainer. "Penelitian telah menunjukkan itu menghambat kadar serotonin di otak, yang dapat menyebabkan Anda merasa kesal dan kadang-kadang depresi." 

Tetapi bukan hanya terdapat pada kopi atau teh, menurut Marina Shkayeva, seorang apoteker dan editor di Natural Medicines - Therapeutic Research Center, kafein sering tersembunyi dalam beberapa jenis makanan seperti protein bar, yogurt, dan soda tertentu.

4. Makanan manis
Menurut Lindsey Smith, makanan manis seperti permen, kue, muffin, atau bahkan buah-buahan kering dapat membuat kecemasan Anda terasa lebih buruk karena kandungan gula berlebih yang mungkin terdapat dalam makanan tersebut. "Ada makanan yang dapat mengurangi mood Anda dalam jangka panjang seperti gula, tepung putih, dan bahan tambahan makanan lainnya" ujar Smith. 






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id