Tak Hanya Pria, Wanita juga Bisa Terkena Hernia

Torie Natalova 21 Mei 2018 11:41 WIB
kesehatan
Tak Hanya Pria, Wanita juga Bisa Terkena Hernia
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Hernia tak hanya dapat diderita oleh kaum pria, wanita juga berpeluang besar mengalami penyakit ini. Sayangnya, hernia bisa sangat sulit didiagnosis pada wanita. Ini karena mereka berukuran kecil dan Anda sering tidak dapat melihat benjolan yang menjadi cirinya.

Hernia yang tidak diobati dapat menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, dan kondisi yang lebih berbahaya seperti penyumbatan usus.

Hernia terjadi ketika organ internal dekat organ genital pecah melalui lapisan pelindung jaringan dan ototnya. Ada sejumlah jenis hernia, namun yang paling umum terjadi di daerah seperti selangkangan, bagian atas paha dalam, perut, antara pusar dan sternum, atau dekat pusar.


Jika Anda memiliki hernia di perut atau selangkangan, Anda mungkin melihat benjolan atau tonjolan yang dapat didorong ke belakang atau hilang saat berbaring. 

Menurut dokter bedah Mary Ane Hopkins, gerakan melengkung dalam yoga dan pilates menempatkan cukup banyak tekanan pada dinding perut yang dapat sebabkan hernia.

Hernia ini bisa terjadi karena faktor keturunan atau terkait usia. Jaringan Anda menjadi lebih longgar ketika Anda lebih tua. Tapi, hernia umumnya disebabkan oleh kelemahan dan ketegangan otot serta hal-hal yang dapat membuat Anda lebih berisiko.

Selain itu, merokok, konstipasi kronis, kelebihan berat badan, mengangkat beban yang terlalu berat dapat menyebabkan ketegangan pada daerah perut. Begitupula dengan kehamilan yang memberi tekanan pada perut, dapat menjadi penyebab utama hernia pada wanita.

Adapun gejala umum hernia yakni kebanyakan pasien mengalami ketidaknyamanan yang terus terjadi bahkan dalam waktu lama pada perut. Kadang, wanita dapat merasakan sensasi terbakar yang turun ke labia atau ketidaknyamanan di paha bagian dalam atas. 






(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id