Apakah virus korona atau covid-19 akan hilang? Simak jawaban ahli berikut ini. (Foto: Pexels.com)
Apakah virus korona atau covid-19 akan hilang? Simak jawaban ahli berikut ini. (Foto: Pexels.com)

Apakah Covid-19 akan Berakhir? Begini Menurut Pandangan Ahli

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Kumara Anggita • 29 Maret 2020 18:01
Jakarta: Satu keinginan kita semua terhadap covid-19 adalah dia bisa berhenti menyebar dan kita dapat kembali beraktivitas seperti sebelumnya. Namun apakah mungkin hal ini terjadi?
 
Seorang penasihat senior Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Bruce Aylward yang bertanggung jawab memerangi pandemi virus korona covid-19 angkat bicara tentang masalah ini. Dia telah melihat sendiri langkah-langkah yang diambil Beijing untuk memerangi virus itu. 
 
Dokter yang memiliki pengalaman hampir 30 tahun dalam memerangi Polio, Ebola, dan penyakit lainnya menjelaskan bahwa kita bisa melihat sedikit ke masa depan dari tempat-tempat yang baru-baru terinfeksi, tempat-tempat yang tidak terinfeksi, tetapi juga tempat-tempat di mana virus ini pertama kali ada. 

1. Melihat Tiongkok

Pertama, kita bisa melihat ke Tiongkok. Mereka mengidentifikasi virus pada awal Januari 2020, mereka melakukan tanggapan penuh, semacam melakukan segalanya untuk menyelesaikan permasalah ini. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekarang mereka memperkirakan bahwa mungkin akhir Maret 2020 mereka kemungkinan bisa menyelesaikan masalah ini. Jadi tiga bulan penuh.

2. Melihat Eropa dan Amerika

Kedua, lihat pada dunia Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah. Saat ini kita bisa melihat bahwa negara-negara ini sungguh berada pada periode pertumbuhan eksponensial.
 
Menurutnya virusnya sangat naik, sangat cepat, bahkan di tempat-tempat yang paling parah seperti Italia, misalnya. Negara-negara ini masih menghadapi tantangan selama berbulan-bulan di depan mereka.

3. Bagian dunia lainnya

Ketiga, kita bisa melihat ke bagian lain dunia, seperti Afrika, misalnya dan India. Kita dapat melihat bahwa pandemi ini baru saja dimulai. Meskipun kasusnya masih sedikit. Jika Anda melihat dengan hati-hati pada kurva, mereka juga dalam fase pertumbuhan eksponensial.

Melihat lebih jauh ke masa depan, apakah covid-19 akan hilang?

Dokter ini mengungkapkan bahwa penyakit ini pada dasarnya terjadi di seluruh dunia kecuali di belahan bumi selatan yang merupakan sesuatu yang berbeda. 
 
Kebanyakan orang percaya bahwa skenario pertama adalah mungkin penyakit ini hilang sepenuhnya namun hal ini tidak mungkin terjadi. Ini karena tranmisinya mudah. 
 
Sekarang, semua tergantung pada negaranya masing-masing dan bagaimana masyarakat di dalamnya menghadapinya. Bagaimana kita melakukan pengujian setiap kasus, isolasi kasus yang cepat, dan menjaga agar kasus tetap rendah. 
 
Jika kita hanya mengandalkan langkah-langkah shut down tanpa menemukan setiap kasusnya, maka setiap kali Anda tak melakukannya, kasusnya bisa kembali lagi. Oleh karena itu ke depannya, mungkin semua ditentukan pada respons kita terhadap virus.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif