Berapa banyak apel yang harus Anda makan? Berikut jawabannya. (Foto: Kevin Gawlik/Unsplash.com)
Berapa banyak apel yang harus Anda makan? Berikut jawabannya. (Foto: Kevin Gawlik/Unsplash.com)

Satu Apel Setiap Hari untuk Kesehatan Anda

Rona kesehatan pencernaan
Torie Natalova • 08 Februari 2019 14:25
Mengonsumsi sebuah apel setiap hari bisa mencegah datangnya penyakit. Selain itu manfaat lain dari apel adalah bisa mengurangi risiko penyakit kanker.
 
Jakarta:
Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa mengonsumsi satu buah apel setiap hari, menjauhkan Anda dari penyakit. Pada dasarnya, mengonsumsi buah dan sayuran secara teratur dapat membantu mencegah penyakit kronis.
 
Sebuah penelitian di Amerika baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran secara teratur, termasuk apel, sebagai bagian dari diet seimbang yang sehat dapat membantu dalam mencegah penyakit kronis dan menjaga kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berapa banyak apel yang harus Anda makan? Satu apel berukuran sedang sudah cukup memenuhi kebutuhan konsumsi buah dan sayuran harian Anda.
 
Apel mengandung gula alami dan dibungkus serat yang memperlambat penyerapannya dalam aliran darah. Apel sangat baik untuk kesehatan usus dan jantung dengan kandungan flavonoid yang dimilikinya.
 
Satu Apel Setiap Hari untuk Kesehatan Anda
(Pada dasarnya, mengonsumsi buah dan sayuran secara teratur dapat membantu mencegah penyakit kronis. Foto: Fuyong Hua/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Alasan Mengapa Sebaiknya Apel Disimpan di Kulkas)
 
Adapun beberapa manfaat kesehatan dari sebuah apel seperti dilansir dari Netdoctor adalah seperti berikut.

1. Merasa lebih kenyang

Apel mengandung serat tinggi dengan jumlah kalori sederhana yakni 77 kalori. Kandungan ini menjadikan apel sebagai camilan sempurna untuk mengenyangkan dengan rasa manis alami yang dapat dinikmati pagi, siang, dan malam.

2. Kesehatan usus lebih terjaga

Apel mengandung jumlah serat 1,8 gram per buah berukuran sedang. Ini termasuk serat prebiotik pektin yang membantu memberi makan flora usus, mendukungnya tumbuh dan berkembang sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan. 
 
Apel juga menyediakan serat feses-bulking yang baik membantu menjaga kesehatan usus dengan mempercepat berlalunya produk limbah melalui sistem saluran pencernaan.


3. Mengurangi risiko kanker

Manfaat lainnya dari mengonsumsi apel adalah mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitian secara khusus mengaitkan konsumsi apel dengan pengurangan risiko kanker, terutama kanker paru-paru. Sebuah studi menunjukkan wanita yang mengonsumsi setidaknya satu porsi apel dan pir setiap hari akan memiliki risiko kanker paru-paru lebih rendah.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif