Makanan berbahan kedelai memiliki kandungan yang menimbulkan kekhawatiran untuk masalah wanita dengan kanker payudara. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)
Makanan berbahan kedelai memiliki kandungan yang menimbulkan kekhawatiran untuk masalah wanita dengan kanker payudara. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)

Fakta Seputar Makanan bagi Penderita Kanker Payudara

Rona kanker payudara
Sunnaholomi Halakrispen • 17 Maret 2019 13:10
Jakarta: Penderita kanker payudara disarankan menjaga pola makan yang dikonsumsi. Apabila memiliki pemahaman yang kurang tentang kandungan dalam makanan tertentu, bisa saja berpotensi memperburuk kanker payudara Anda. Berikut fakta seputar informasi makanan yang mungkin belum Anda pahami.

1. Apakah makanan berbahan kedelai aman?

Makanan berbasis kedelai, seperti tahu, susu kedelai, dan edamame, memiliki bahan kimia yang disebut fitoestrogen, yang mirip dengan estrogen. Kandungan tersebut pernah menimbulkan kekhawatiran untuk masalah wanita dengan kanker payudara.
 
Tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa kedelai tidak meningkatkan risiko kanker, bahkan mungkin menurunkan kemungkinan penyakit akan kembali. Tetap berhati-hatilah dengan suplemen kedelai karena para ilmuwan belum banyak mempelajari efeknya.

2. Haruskah menghindari gula?

Gagasan bahwa permen dinilai sebagai penyuplai makanan kanker telah ada sejak lama. Kebenarannya lebih rumit, yakni satu sendok untuk menghilangkan kelebihan kopi Anda tidak akan secara langsung membuat sel kanker tumbuh lebih cepat.
 
Tapi bijaksanalah untuk mengawasi berapa banyak gula yang Anda tambahkan ke dalam menu diet Anda. Banyak gula secara teratur dapat menyebabkan obesitas dan kondisi lain yang membuat kanker lebih mungkin terjadi.

3.  Apakah makanan berbahan organik lebih baik?

Makanan organik ditanam tanpa pestisida atau gulma. Studi Perancis yang dipublikasikan banyak menemukan hubungan antara produk ini dan risiko kanker yang lebih rendah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, yang paling penting, para ilmuwan sepakat bahwa makan banyak buah dan sayuran dengan teknik mencuci yang tepat juga berpengaruh. Cucilah dengan hati-hati untuk menghilangkan residu bahan kimia apa pun.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi