Berikut ini beberapa khasiat lain melakukan prenatal yoga. (Foto: Courtesy of FatCamera/iStock/GettyImages)
Berikut ini beberapa khasiat lain melakukan prenatal yoga. (Foto: Courtesy of FatCamera/iStock/GettyImages)

Manfaat Prenatal Yoga bagi Ibu Hamil

Rona kehamilan
Pelangi Karismakristi • 10 Januari 2019 14:10
Jakarta: Prenatal yoga bisa menjadi pilihan yang tepat ibu hamil. Sebab pose pada prenatal yoga dirancang untuk melatih otot tubuh yang penting untuk kehamilan dan melahirkan.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian American Journal of Perinatology yang pada 2015. Hasilnya, yoga terbukti dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan, berat badan lahir rendah (BBLR), menguruangi rasa sakit serta stres.

Berikut ini beberapa khasiat lain melakukan prenatal yoga, seperti dilansir dari Livestrong.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



1. Membangun kekuatan tubuh
Tubuh yang kuat akan lebih siap untuk menopang tubuh ibu hamil, menyiapkan diri menghadapi persalinan dan saat buah hati telah lahir. Otot inti yang kuat akan membantu tulang belakang dan punggung bagian bawah yang sering memikul beban tubuh. Termasuk juga memperkuat otot-otot panggul yang memudahkan Anda saat bersalin. Selain itu, latihan pernapasan pada prenatal yoga juga dapat melepaskan stres, ketegangan dan menenangkan diri selama persalinan.

(Baca juga: Olahraga saat Hamil Membantu Proses Kelahiran Lebih Cepat)


(Tubuh yang kuat akan lebih siap untuk menopang tubuh ibu hamil. Foto: William Farlow/Unsplash.com)

2. Tidur lebih baik
American Pregnancy Association menyebutkan, 78 persen ibu hamil mengalami kesulitan tidur, baik insomnia, sering terbangun di malam hati dan sulit tidur kembali serta tak merasa segar setelah tidur. Mempraktikkan gerakan prenatal yoga akan membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Peneliti dari Universitas Harvard juga melakukan penelitian pada 20 orang yang menderita insomnia kronis. Setelah melakukan yoga selama delapan minggu, mereka mendapatkan kualitas tidur yang meningkat, dari segi durasi dan kualitas.

3. Memudahkan persalinan
Complementary Therapies in Clinical Practice melakukan penelitian pada dua kelompok ibu hamil pada 2008. Kelompok pertama adalah para bumil yang rutin prenatal yoga, sementara lainnya yang tidak berolahraga.

Para peneliti menemukan bahwa grup bumil yang melakukan prenatal yoga secara teratur mengalami lebih sedikit nyeri persalinan dan durasi persalinan lebih pendek dibanding kelompok yang tak melakukan yoga.

"Hal ini terkait dengan latihan pernapasan, relaksasi serta daya tahan kekuatan dari prenatal yoga. Dasar panggul dan pembukaan pinggul serta fokus pikiran tubuh juga merupakan manfaat dari prenatal yoga," kata peneliti Gilberg-Lenz.




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi