Apakah Diet keto Aman bagi Ibu Hamil?

Raka Lestari 15 November 2018 11:00 WIB
kehamilan
Apakah Diet keto Aman bagi Ibu Hamil?
Mungkin ada banyak yang bertanya apakah diet keto bisa dikonsumsi oleh ibu hamil? Simak informasinya lebih lanjut. (Foto: Suhyeon Choi/Unsplash.com)
Jakarta: Salah satu jenis diet yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir adalah diet keto. Diet keto merupakan jenis diet yang mengonsumsi makanan tinggi lemak namun rendah karbohidrat. 

Mungkin ada banyak yang bertanya apakah diet keto bisa dikonsumsi oleh ibu hamil? Menurut American Pregnancy Association, selama kehamilan sebenarnya tidak dianjurkan untuk melakukan diet apapun.

Terlebih lagi, diet seimbang selama kehamilan adalah suatu keharusan, kata Christine Greves, M.D., seorang dokter kandungan bersertifikat di Winnie Palmer Hospital for Women and Baby.


Diet seimbang terdiri dari buah, sayuran, biji-bijian, protein, dan lainnya. "Anda juga sebaiknya menghindari suplemen selain vitamin prenatal, dan menghindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak."


(Menurut American Pregnancy Association, selama kehamilan sebenarnya tidak dianjurkan untuk melakukan diet apapun. Foto: Pekic/Getty Images)

(Baca juga: Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Bumil saat Mengidam)

Selain itu, ada banyak orang yang melakukan diet keto untuk mengurangi asupan buah-buahan karena buah-buahan mengandung gula yang juga dianggap sebagai karbohidrat untuk tetap menjaga tubuh berada dalam kondisi ketosis.

Ketosis yaitu kondisi di mana tubuh Anda menggunakan lemak untuk bahan bakar, bukan karbohidrat. Meskipun memang, belum ada banyak data ilmiah mengenai diet keto pada saat hamil.

"Saat ini, masih sangat sedikit informasi mengenai efek dari diet keto terhadap perkembangan janin," ujar Greves. 

Namun terus-terusan berada dalam kondisi ketosis merupakan hal yang perlu diperhatikan karena ketosis bukanlah keadaan tubuh yang normal dan para dokter masih belum mengetahui dampaknya terhadapa janin dalam kandungan.

Selain diet keto pada umumnya, masa kehamilan biasanya bukan waktu yang tepat untuk mencoba menurunkan berat badan. 

"Saya akan mengatakan untuk menunggu dan mengonsumsi makanan apa yang baik-baik saja untuk tubuh selama sembilan bulan kehamilan," kata Greves. Dan jika Anda terpaksa menurunkan berat badan setelah melahirkan, sebaiknya hal itu dilakukan setelah melahirkan.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id