Mempersiapkan Tubuh untuk Kedatangan si Kecil (Foto: istock)
Mempersiapkan Tubuh untuk Kedatangan si Kecil (Foto: istock)

Mempersiapkan Tubuh untuk Kedatangan si Kecil

Rona kehamilan
Sunnaholomi Halakrispen • 20 April 2019 19:22
Jakarta: Saat Anda hamil, tubuh Anda memiliki pekerjaan penting yang harus dilakukan selama sembilan bulan. Jadi, jika Anda berencana untuk segera memiliki bayi, lakukanlah beberapa langkah sederhana sekarang juga untuk bersiap-siap menyambut bayi dalam perut Anda.
 
1. Raih berat badan yang sehat
 
Jika Anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, mungkin lebih sulit untuk hamil. Berat badan Anda memengaruhi apakah indung telur Anda akan melepaskan sel telur atau berovulasi, setiap bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berat badan ekstra juga membuat Anda cenderung lebih memiliki masalah kesehatan tertentu selama kehamilan. Contohnya, diabetes kehamilan atau preeklamsia, sejenis tekanan darah tinggi.
 
Anda bisa hamil lebih mudah jika Anda menurunkan atau menambah berat badan sebelum mulai mencoba hamil. Makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur adalah kunci utama.
 
Jika Anda kelebihan berat badan, jangan khawatir untuk mencoba menurunkan berat badan menjadi setengah dari ukuran Anda. Menghilangkan beberapa kilogram saja akan membantu.
 
2. Konsumsi vitamin
 
Sangat penting untuk mulai mengonsumsi vitamin prenatal sebelum Anda hamil. Sebab, Anda mungkin tidak akan tahu Anda hamil sampai Anda melewatkan menstruasi. Itu minggu setelah bayi Anda mulai tumbuh.
 
Jika Anda menunggu terlalu lama untuk mengonsumsi vitamin, Anda mungkin kehilangan perlindungan penting. Maka demikian, konsumsilah setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari. Cara ini pun membantu mencegah cacat lahir di otak dan tulang belakang bayi Anda.
 
Vitamin prenatal juga mengandung zat besi, yang baik untuk Anda dan calon buah hati. Juga membantu otot-otot bayi Anda tumbuh dan membantu Anda terhindar dari anemia, ketika tubuh Anda memiliki terlalu sedikit sel darah merah.
 
Kalsium adalah kunci untuk tulang, otot, saraf, dan jantung ibu dan anak. Namun, perlu diingat bahwa sebelum Anda mulai mengonsumsi suplemen apa pun, tanyakan kepada dokter Anda tentang mana dan berapa yang tepat untuk Anda konsumsi.
 
3. Pertimbangkan bahan kimia
 
Bahan kimia, beberapa di antaranya, seperti pestisida, pelarut, dan pupuk, dapat mempersulit Anda untuk hamil atau membahayakan bayi Anda ketika Anda mengandung. Pikirkan mana bahan yang mungkin ada di sekitar Anda, baik di rumah dan di tempat kerja.
 
Bicaralah dengan dokter Anda tentang apa yang aman dan apa yang harus Anda hindari. Jika pekerjaan melibatkan Anda berada di dekat sesuatu yang berisiko, seperti radiasi, merkuri, atau timah, tanyakan kepada atasan Anda bagaimana Anda dapat melindungi diri sendiri. Cara lain, lihat apakah Anda dapat mengubah tugas Anda.
 
4. Lihat dokter
 
Dokter kandungan akan memastikan Anda dalam kondisi yang baik. Dokter itu juga akan berbicara dengan Anda tentang segala kondisi kesehatan yang Anda miliki dan obat-obatan yang Anda gunakan.
 
Anda juga bisa membahas diet, olahraga, dan kebiasaan lainnya. Begitu pula akan diberikan resep vitamin prenatal dan Anda akan dipastikan mendapat informasi terbaru tentang vaksin Anda. Maka, jangan ragu untuk terbuka dengan dokter kandungan Anda.
 
Jika Anda memiliki kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi, depresi, diabetes, atau gangguan kejang, temui dokter Anda dan beri tahu dia bahwa Anda berencana untuk hamil. Dia mungkin memberi tahu Anda untuk mengendalikan kesehatan Anda sebelum Anda mencoba memiliki bayi.
 
Selain itu, jika Anda minum obat, dia mungkin menyarankan Anda beralih ke obat yang aman untuk calon ibu. Tapi, ingatlah untuk jangan coba-coba berhenti minum obat tanpa anjuran dari dokter.
 
5. Hentikan kebiasaan buruk
 
Tembakau, alkohol, ganja, dan obat-obatan lain dapat menyebabkan cacat lahir dan masalah kesehatan serius lainnya. Jadi, berhentilah menggunakan semua itu sebelum Anda mencoba untuk hamil. Anda bisa berisiko membahayakan bayi Anda bahkan sebelum Anda tahu Anda hamil.
 

 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif