Studi dalam jurnal Neurology menunjukkan bahwa orang yang rutin berjalan kaki memiliki otak yang lebih sehat. (Foto: Alvin Mahmudov/Unsplash.com)
Studi dalam jurnal Neurology menunjukkan bahwa orang yang rutin berjalan kaki memiliki otak yang lebih sehat. (Foto: Alvin Mahmudov/Unsplash.com)

Berjalan Kaki Meningkatkan Kesehatan Otak

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 08 Januari 2019 16:47
Jakarta: Apakah Anda merupakan orang yang memiliki hobi berjalan kaki? Tampaknya Anda merupakan orang yang beruntung.
 
Sebabnya, sebuah studi dalam jurnal Neurology menunjukkan bahwa orang yang rutin berjalan kaki memiliki otak yang lebih sehat ketimbang yang tidak melakukannya. Berjalan kaki juga meningkatkan kemampuan kognitif menjadi lebih baik.
 
"Melatih gerakan aerobik seperti berjalan kaki meningkatkan fungsi eksekutif dalam otak yang bisa mengurangi risiko penyakit alzheimer dan demensia," kata Editor dalam website studi Kesehatan Harvard, Heidi Godman, dikutip Bustle.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada studi menunjukkan aktivitas berjalan kaki tiga kali seminggu akan menunjukkan peningkatan sistem nurokognitif manusia pada enam bulan berikutnya. Efek jangka panjang berjalan kaki juga membuat otak mengalami percepatan pertumbuhan sel baru yang melimpah.
 

(Foto: Joshua Hanks/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki)
 
"Juga membuat otak mengurangi risiko resistensi insulin, peradangan, dan pertumbuhan pembuluh darah," ujarnya.
 
Beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan aktivitas aerobik dapat meningkatkan ukuran wilayah hippocampus pada otak. Ini merupakan area yang bertanggung jawab pada kemampuan memori, verbal dan pembelajaran manusia.
 
"Yang lebih menarik adalah jika manusia terlibat dalam program olahraga teratur selama enam bulan atau satu tahun, akan meningkatan volume daerah otak," tandasnya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi