Orang yang mengonsumsi susu kemudian diare belum tentu terjadi karena susu semata. Berikut informasi selanjutnya. (Foto: Pexels.com)
Orang yang mengonsumsi susu kemudian diare belum tentu terjadi karena susu semata. Berikut informasi selanjutnya. (Foto: Pexels.com)

Benarkah Susu Bikin Diare?

Rona kesehatan pencernaan
Kumara Anggita • 16 Mei 2019 18:38
Setelah minum susu kemudian diare Anda perlu melihat penyebabnya. Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp. GK orang yang mengonsumsi susu kemudian diare belum tentu terjadi karena susu semata. Karena penyebab diare memiliki banyak faktor antara lain obat-obatan antiniotik, infeksi, bakteri atau virus.
 

 
Jakarta: Banyak orang mengatakan bahwa setelah mengonsumsi susu tertentu, mereka akan mengalami diare. Karena itu, orang jadi banyak menghindarinya karena tak mau spekulasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini disayangkan mengingat manfaat yang diberikan susu begitu beragam. Sebelum Anda anti terhadap susu, ketahuilah apakah susu benar-benar bikin diare.
 
Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp. GK susu memiliki manfaat yang besar bagi tubuh Anda. Ini karena susu mengandung tiga nutrisi esensial (makro nutrisi) yang dibutuhkan tubuh yaitu protein, lemak, dan karbohidrat.
 
“Berbagai kandungan mikro nutrisi seperti kalsium, potasium, dan magnesium juga terkandung di dalamnya sehingga jika dikonsumsi sesuia dengan aturan, susu akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang,” ujarnya dalam acara Kupas Tuntas Kebaikan Susu untuk Tunjang Kesehatan tubuh Frisian Flag di Jakarta, Rabu 15 Mei 2019.
 
Dalam penelitian J Nutr pada tahun 2006, metaanalisis dari 21 penelitian yang membandingkan efek susu dengan plasebo pada individu tanpa gangguan pencernaan menyimpulkan bahwa kandungan lakotsa bukanlah penyebab masalah atau gejala saluran pencernaan termasuk diare.
 
Tak hanya itu, orang yang mengonsumsi susu kemudian diare belum tentu terjadi karena susu semata. Karena penyebab diare memiliki banyak faktor antara lain obat-obatan antiniotik, infeksi, bakteri atau virus, infeksi saluran pencernaan, dan intoleransi makanan menurut National Institute of Health US Department of Health and Human Sciences, 2007.
 
Benarkah Susu Bikin Diare?
(Setelah minum susu kemudian diare Anda perlu melihat penyebabnya. Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp. GK orang yang mengonsumsi susu kemudian diare belum tentu terjadi karena susu semata. Foto: Pexels.com)

Intoleransi makanan

Karena itu, dr. Diana menambahkan orang yang mengalami diare setelah konsumsi susu bisa jadi bukan alergi terhadap susu melainkan lebih ke intoleransi makanan.
 
Menariknya, bahkan susu digunakan sebagai salah satu metode penyembuhan diare sendiri. Produk susu yang difermentasi digunakan untuk terapi diare yang disebabkan oleh antibiotik untuk orang dewasa menurut penelitian Can J Gastroenterol, 2007.
 
Karena itu, jangan langsung yakin bahwa susu yang Anda konsumsi yang membuat Anda diare. Pertimbangkan faktor lain dan juga makanan atau minuman lain yang Anda konsumsi bersamaan dengan susu di hari itu.
 
Anda bisa sesuaikan jenis susu mana yang paling pas dan nyaman Anda gunakan. Ini bisa susu full cream, susu skim, atau susu rendah lemak. Jangan sampai Anda melewatkan khasiat baik dari susu.
 
Dr. Diana menambahkan bahwa manfaat baik susu akan terasa maksimal jika dikombinasikan dengan variasi asupan makanan lainnya, serta didukung dengan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin. Jadi tunggu apa lagi. Jadilah konsumen yang cermat dalam menyerap fakta dan mengabaikan mitos.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif