Berikut ini adalah hal-hal aneh yang mungkin terjadi pada tubuh ketika Anda berolahraga. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah hal-hal aneh yang mungkin terjadi pada tubuh ketika Anda berolahraga. (Foto: Pexels.com)

Beberapa Hal Aneh yang Mungkin Terjadi Saat Berolahraga

Rona kesehatan
Raka Lestari • 03 Desember 2019 08:43
Jakarta: Pernahkah Anda menemukan diri Anda mengalami sensasi aneh di seluruh tubuh Anda selama berolahraga? Selain cucuran keringat yang biasa terjadi pada sesi olahraga yang intens, beberapa hal aneh juga mungkin bisa terjadi pada tubuh Anda selama Anda sedang berolahraga dan itu bisa sangat membingungkan.
 
Apa saja hal yang bisa terjadi pada tubuh Anda ketka berolahraga? Berikut ini adalah hal-hal aneh yang mungkin terjadi pada tubuh ketika Anda berolahraga: 

1. Perut Anda terasa dingin 

Banyak orang mengatakan perut mereka menjadi dingin setelah berolahraga dan ada alasan ilmiah dibalik hal tersebut. Gregg D'Andrea, pemilik dan pendiri Gstarfit, mengatakan bahwa ketika Anda melakukan latihan yang intens, sebagian besar melibatkan kaki Anda dan "pengumpulan darah" dapat terjadi. 
 
Jadi pada dasarnya, perut Anda mungkin menjadi dingin setelah berolahraga karena, saat Anda berolahraga, sistem kardiovaskular Anda menarik darah ke kaki Anda, menjauh dari organ lain, seperti sistem pencernaan Anda. Berkurangnya aliran darah ke sistem pencernaan bisa membuat perut Anda merasa aneh dan dingin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa Hal Aneh yang Mungkin Terjadi Saat Berolahraga
(Beberapa hal aneh juga mungkin bisa terjadi pada tubuh Anda selama Anda sedang berolahraga. Dan itu merupakan kontraksi alami di dalam tubuh Anda. Foto: Dok. Instagram Viktor/@victorious_fit)

2. Anda ingin buang air 

D'Andrea menambahkan proses pengumpulan darah dapat menyebabkan mual, serta sakit kepala ringan dan membuat Anda ingin buang air. Cori Lefkowith, pemilik Redefining Strength, sebuah perusahaan kebugaran juga mengatakan, “Olahraga menyebabkan denyut jantung dan laju pernapasan Anda meningkat, yang dapat memicu kontraksi usus. Kontraksi alami ini dapat menyebabkan proses pencernaan Anda terjadi lebih cepat, jadi Anda harus buang air besar lebih sering juga.”

3. Paha Anda terasa gatal 

Jika Anda berolahraga di gym setelah tidak berolahraga selama beberapa waktu maka kemungkinan paha Anda akan terasa gatal. Alasan untuk ini, menurut Lefkowith, adalah arteri dan kapiler Anda membesar saat Anda berolahraga, memompa lebih banyak darah ke otot-otot Anda. 
 
Ketika Anda memulai kembali di gym setelah istirahat, Anda tidak terbiasa. “Ketika kapiler kemudian mengembang, ini dapat merangsang saraf di sekitarnya. Otak kita menafsirkan sinyal-sinyal ini sebagai gatal, ”kata Lefkowith.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif