Pertanda Bahwa Anda Sudah Berkeringat Terlalu Banyak

Raka Lestari 29 Mei 2018 13:00 WIB
kesehatan
Pertanda Bahwa Anda Sudah Berkeringat Terlalu Banyak
Hiperhidrosis adalah kondisi medis yang menyebabkan tubuh Anda berkeringat lebih banyak daripada apa yang diperlukan. (Foto: Matthew Kane/Unsplash.com)
Jakarta: Berkeringat adalah sesuatu yang normal pada tubuh manusia dan itu merupakan salah satu tanda bahwa tubuh Anda bekerja dengan baik. Namun, akan berbeda jika Anda mengalaminya secara berlebihan. 

Keringat berlebih adalah kondisi di mana Anda mengeluarkan keringat secara berlebih. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui alasan mengapa Anda mengalaminya. Dan apa kondisi seperti apa yang masuk dalam kategori normal. 

Adam Friedman, MD, FAAD, seorang profesor dermatologi di George Washington University's School of Medicine and Health Sciences mengatakan bahwa secara umum berkeringat adalah proses alami, tetapi keringat berlebihan sebenarnya adalah kondisi medis yang disebut hiperhidrosis. 


"Berkeringat adalah cara tubuh mendinginkan dan mencegah tubuh dari overheating," kata Friedman.

Hiperhidrosis adalah kondisi medis yang menyebabkan tubuh Anda berkeringat lebih banyak daripada apa yang diperlukan untuk mempertahankan suhu tubuh yang sehat. Menurut International Hyperhidrosis Society, sekitar 15 juta orang Amerika mengalami keringat berlebih setiap hari. 

(Baca juga: Tips Menggunakan Scrub Sesuai Jenis Kulit)


(Menurut International Hyperhidrosis Society, sekitar 15 juta orang Amerika mengalami keringat berlebih setiap hari. Foto: Justyn Warner/Unsplash.com)

Friedman mengatakan, keringat berlebih ini tidak hanya terbatas pada satu area. Itu bisa terjadi di telapak tangan, kaki, ketiak, punggung, atau kepala, dan sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Menurut Friedman, orang-orang dengan hiperhidrosis berkeringat sekitar empat kali lebih banyak daripada yang dibutuhkan untuk mendinginkan tubuh. 

Jika Anda menyadari bahwa Anda mengalami hiperhidrosis, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Friedman mengatakan ada banyak perawatan yang tersedia untuk hiperhidrosis. Ia mengatakan kepada Elitedaily.com bahwa, jika Anda menghindari aktivitas tertentu agar tidak berkeringat, mengganti pakaian Anda lebih dari dua kali sehari, atau menyembunyikan keringat dengan mengenakan beberapa lapis pakaian, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menemui dokter kulit untuk memastikan kondisi Anda.

Mengingat setiap orang berbeda-beda, Friedman menyarankan bahwa hal yang paling baik untuk melakukan perawatannya adalah dengan menemui dokter kulit Anda untuk menentukan perawatan yang tepat bagi Anda. 






(TIN)