Teknologi Laser Efektif Atasi Masalah Kulit?

Sri Yanti Nainggolan 13 September 2018 16:34 WIB
kesehatan kulit
Teknologi Laser Efektif Atasi Masalah Kulit?
(Foto: Fashionisers)
Jakarta: Metode laser semakin sering digunakan dalam dunia medis, salah satunya dalam perawatan kulit yang bersifat meremajakan dan pigmentasi. 

Ahli kulit dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK dari RS Pondok Indah-Puri Indah menjelaskan bahwa jenis laser yang digunakan di rumah sakit tersebut adalah laser Q-switch ND: Yag yang fokus pada melanin (sel pigmen) hemoglobin (Hb). 

"Pada laser untuk peremajaan atau rejuvenation, kulit menjadi lebih kencang dan kenyal karena merangsang produksi kolagen dan elastin (bagian dari lapisan kulit kedua)," jelasnya dalam temu media di Jakarta, Kamis, 13 September 2018. 


Metode laser tersebut juga memberikan beberapa manfaat lain seperti menyamarkan keriput dan kerutan halus di wajah, membuat tekstur wajah menjadi lebih lembut, dan mengecilkan pori-pori. 

"Untuk menyamarkan keriput halus, yang biasanya ada di pinggiran mata, laser bisa bertahan antara satu minggu hingga satu bulan."

Sementara, untuk laser yang menangani pigmentasi, terdapat beberapa pilihan untuk memperbaiki kulit seperti kulit menjadi lebih halus, menghilangkan warna kecoklatan pada kulit, meratakan warna kulit, dan menghilangkan tato atau tahi lalat ringan. 

"Biasanya bisa lebih mudah pada tato satu warna karena laser kan fokus pada satu target saja," tambahnya. 

Metode laser sendiri bersifat monokromatik dimana hanya terdapat satu sinar panjang gelombang sehingga bagian yang disasar spesifik. 

Sinar tersebut disalurkan kemudian diserap dan diubah menjadi energi panas untuk memperbaiki masalah kulit.

Salah satu keuntungan dari perawatan laser adalah dapat menembus permukaan kulit tanpa merusak struktur lapisan kulit lain. 

Lihat video:






(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id