Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Tips Mengatasi Stres dan Cemas karena Covid-19

Rona Virus Korona kesehatan mental virus corona covid-19
Raka Lestari • 06 April 2020 10:25
Jakarta: Meskipun Anda tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien yang terinfeksi covid-19, atau tidak terkena penyakit tersebut, bukan berarti Anda tidak merasakan dampak negatif dari penyakit tersebut. Terutama berkaitan dengan kesehatan mental Anda.
 
Namun tak menutup kemungkinan, mengalami rasa cemas dan ketakutan akan virus tersebut secara tidak langsung dapat mengganggu kesehatan mental Anda. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kesehatan mental Anda tetap terjaga di tengah pandemi covid-19 ini:

-Membatasi konsumsi berita

Pemberitaan yang berkaitan dengan virus korona sangat cepat sekali mengalami perubahan dari setiap jam. Dan membiarkan diri Anda terus menerus mengonsumsi berita yang berkaitan dengan virus korona berlebihan tentu tidak baik.
 
“Anda harus menemukan keseimbangan antara mendapatkan informasi dan tetap waras. Saya hanya mengecek berita selama dua kali sehari daripada terus menerus membacanya,” ujar W. Nate Upshaw, MD, seorang psikiater klinis di NeuroSpa TMS, di Florida.

-Mendapatkan sinar matahari pagi

“Berada di luar rumah pada pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari adalah cara yang paling cepat dan efektif untuk meningkatkan mood Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan mendapatkan sinar matahari, itu dapat melepaskan stres. Dan dengan berolahraga di udara yang segar merupakan cara yang baik untuk memulai hari Anda,” ujar Dr Upshaw.

-Berkomunikasi secara virtual

Isolasi yang merupakan bagian dari social distancing dapat membuat banyak orang merasa kesepian dan depresi. Namun untung saja ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatasinya.
 
“Saya bisa tetap terkoneksi dengan teman-teman atau orang tersayang melalui teknologi. Berbicara dengan mereka membantu saya tetap tenang melalui kekacauan dan menjadi optimis selama krisis ini,” kata Lisa Yee, seorang guru yoga di California.

-Memasak

Makanan merupakan hal penting dan bisa memberikan perubahan pada mood Anda. Claire Siegel, ahli diet terdaftar dan pendiri Nutritional Freedom, menyarankan untuk membuat makanan yang padat gizi.
 
“Ketika Anda stres, mungkin akan lebih enak untuk makan makanan yang menyenangkan, tetapi dengan memasak sendiri Anda bisa membuat makanan yang tidak hanya enak tetapi juga sehat," tuturnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif