Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Benda-benda di Rumah yang Harus Disemprot Disinfektan

Rona Virus Korona virus corona covid-19
A. Firdaus • 24 Maret 2020 19:12
Jakarta: Disinfektan menjadi salah satu kunci dalam pencegahan penyebaran virus korona atau covid-19. Biasanya cairan disinfektan disemprot ke beberapa benda.
 
Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Chandra Risdian, membeberkan beberapa benda yang harus disemprot disinfektan di rumah. Seperti meja, gagang pintu, dan lain-lain.
 
"Permukaan benda-benda yang harus sering dibersihkan, di antaranya meja, gagang pintu, sakelar lampu, telepon, toilet, keran, dan wastafel. Setelah pembersihan umum, lalu dilakukan pembersihan dengan disinfektan," terang Chandra seperti dilansir Antara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah bersih, lalu gunakan disinfektan untuk perlindungan yang lebih baik. Jika ada yang sakit di rumah, maka disinfeksi wajib dilakukan dengan menyemprot benda-benda tersebut," tuturnya.
 
Adapun hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan disinfektan adalah memeriksa label dan menggunakan sesuai dengan instruksi, serta mewaspadai potensi bahaya dari setiap produk.
 
Masyarakat juga harus menghindari kontak dengan mata dan kulit saat menangani produk pembersih atau disinfektan dan menjauhkannya dari jangkauan anak-anak.
 
"Jangan menyemprot langsung ke permukaan yang sangat terkontaminasi karena akan membuat virus menyebar ke udara," lanjutnya.
 
Sebelumnya, LIPI telah merilis beberapa produk rumah yang bisa dijadikan disinfektan. Beberapa produk memang mudah ditemukan karena sering digunakan sebagai pembersih rumah tangga.
 
Cairan disinfektan berguna merusak lapisan lemak. Sehingga membuat virus korona cukup lemah, dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus-virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat.
 
Sementara untuk pembersihan umummnya Chandra menyarankan menggunakan air dan sabun atau deterjen lainnya. Pembersihan dilakukan terhadap ruangan dan permukaan benda di dalam rumah.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif