NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Apakah Pemutih Ampuh Membunuh Virus?

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Raka Lestari • 24 Maret 2020 14:51
Jakarta: Dalam mencegah penyebaran virus korona atau covid-19, penting untuk mengetahui cara membuat dan menggunakan solusi pembersihan yang efektif. Penggunaan pemutih untuk mendisfeksi permukaan benda-benda yang ada di rumah pun banyak dilakukan oleh masyarakat.
 
Akan tetapi apakah cairan pemutih cukup efektif untuk mendisfeksi permukaan barang di rumah Anda?
 
Menurut Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO), penggunaan cairan pemutih bisa menjadi salah satu cara untuk mendisinfeksi area yang terkontaminasi dengan virus korona. Ada solusi pembersihan lain yang tersedia, seperti semprotan disinfektan, tisu, dan banyak lagi yang dapat membantu membersihkan area yang terpapar virus tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai cairan pemutih:
-Cairan pemutih akan kedaluwarsa 1 tahun dari tanggal produksi.
-Cairan pemutih dapat kehilangan kemampuan dan efektivitasnya jika tidak disimpan dengan benar.
-Membuat cairan disinfektan di rumah dengan kandungan pemutih hanya memiliki efektivitas selama 24 jam.
-Setelah kehilangan kemampuan dan efektivitasnya, cairan pemutih tidak lagi dapat membasmi kuman atau virus secara efektif dan Anda harus membuangnya dengan benar. Yaitu dengan mengencerkan sisa pemutih dengan sejumlah besar air sebelum membuangnya ke saluran pembuangan.
 
Namun Anda perlu berhati-hari karena pemutih bisa bersifat korosif dan menyebabkan kerusakan pada kulit, mata, dan paru-paru. Selalu gunakan pemutih di area yang berventilasi baik dan selalu gunakan sarung tangan, ketika menggunakan cairan pemutih.
 
Jangan pernah mencampur pemutih dengan produk apa pun yang mengandung amonia atau asam. Seperti pembersih toilet, penghilang karat, dan lain-lain karena berbahaya.  
 
Membersihkan permukaan barang-barang di rumah secara teratur dengan menggunakan pemutih, tidak hanya dapat membersihkan dari virus korona, tetapi juga dapat membantu mencegah flu, penyakit bawaan makanan, dan banyak lagi yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi infeksi lain yang dapat membantu dalam kesehatan Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif