Mencegah eating disorder. Foto: Dok/Metro TV
Mencegah eating disorder. Foto: Dok/Metro TV

ShowBiz

Kenali Pencegahan Eating Disorder Pada Anak Sejak Balita

Rona Binge Eating Disorder
MetroTV • 25 September 2021 18:01
Jakarta: Eating disorder merupakan gangguan kejiwaan, dimana seseorang mengalami perspektif yang berbeda terhadap berat badan dan bentuk tubuhnya yang kemudian mempengaruhi cara dia makan. Pencegahan terhadap eating disorder sudah harus mulai dilakukan sejak usia balita.
 
“Jadi anak bisa mempersepsi entah berat badannya atau bentuk badannya bagaimana pun selama itu bentuknya sehat that’s okay. Pencegahan perlu dimulai bahkan dari anak balita,” jelas Dokter Spesialis Kejiwaan dr. Jiemi Ardian dalam tayangan Showbiz di Metro TV, Sabtu, 25 September 2021.
 
Eating disorder atau gangguan makan dapat terjadi baik pada perempuan ataupun laki-laki. Namun, memang paling banyak terjadi kepada perempuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbagai faktor penyebab eating disorder antara lain faktor genetik, biologis maupun psikologi. Beberapa jenisnya yaitu anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan binge eating disorder.
 
Permasalahan ini biasanya diderita pada saat puber dengan rentang usia 18-35 tahun. Jiemi mengatakan di Indonesia kesadaran terhadap eating disorder masih rendah. Mengingat cantik masih dipandang sebatas penampilan fisik.
 
“Di Indonesia kesadaran untuk ini tidak banyak, padahal eating disorder merupakan salah satu gangguan jiwa yang tingkat mortalitasnya atau tingkat kematiannya paling tinggi,” ujar Jiemi.
 
Jiemi menjelaskan eating disorder kerap terjadi pada model atau orang yang harus mempertahankan berat badan tertentu. Danella Ilene yang merupakan seorang model sempat mengalami eating disorder.
 
Danella mengatakan pemicu utamanya berawal dari stress eating dan terkena eating disorder. Kemudian muncul potensial depresi sampai akhirnya berpikiran untuk bunuh diri.
 
“Hampir tiap hari itu punya perasaan ingin mati, cuma di pikiran doang bukan yang aku bisa ngelakuin,” kata Danella. (Widya Finola Ifani Putri)
 
(MBM)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif