(Foto: Wisegeek)
(Foto: Wisegeek)

Hindari Virus Flu Burung, Begini 5 Langkah Tepat Memasak Daging Ayam

Rona virus flu burung
Nia Deviyana • 22 Maret 2016 11:58
medcom.id, Jakarta: Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat. Namun, berita seputar flu burung yang positif ditemukan pada Unggas di Cilandak, Jakarta Selatan, tak urung membuat masyarakat takut untuk mengonsumsi daging ayam.
 
Pfof. Ekowati Handharyani, Kepala Bagian Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB mengimbau warga untuk tidak khawatir. Sebab, virus flu burung pada dasarnya mudah mati apabila ayam dimasak dengan benar.
 
Dalam acara Trending Topic di Metro TV, Prof Ekowati menjabarkan beberapa langkah agar ayam yang hendak dikonsumsi terbebas dari virus flu burung. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Ketika membeli daging ayam, pastikan daging terbungkus dalam wadah yang baik.
 
2. Daging yang dibekukan sebaiknya tidak disimpan lebih dari dua hari.
 
3. Simpan daging dalam freezer
 
4. Masak daging sampai matang, pastikan tidak ada bagian daging yang berwarna merah muda. Jika ada, berarti proses memasak belum sempurna.
 
5. Bedakan pisau untuk memotong daging dan bahan lain.
 
Virus flu burung pertama kali merebak pada 13 tahun lalu, tepatnya pada 2003. Dijelaskan Prof. Ekowati, virus flu burung mudah sekali berubah, sehingga harus dimonitor secara terus-menerus. 
 
"Pada akhir 2015, jadwal musim penghujan agak mundur. 
Pada awal musim penghujan, beberapa jenis virus lain, termasuk flu burung bereplikasi atau memperbanyak diri. Seharusnya ada tindakan untuk mengantisipasi perkembangan virus tersebut," kata dia. 

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif