Bantu Tingkatkan Kreativitas, Berapa Lama Anda Sebaiknya Tidur Siang?

Raka Lestari 05 Juli 2018 17:44 WIB
tips kesehatan
Bantu Tingkatkan Kreativitas, Berapa Lama Anda Sebaiknya Tidur Siang?
(Foto: Women's Health)
Jakarta: Tidur siang sering dikaitkan dengan sifat malas. Padahal, tidur siang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan pikiran. 

Dikutip dari Women's Health, tidur pada siang hari dapat mengurangi rasa lelah, meningkatkan kinerja, kreativitas, memori, dan suasana hati Anda. Tidur siang bahkan dapat meningkatkan sistem imun, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

"Jika Anda tubuh terasa segar dan lebih baik, tidur siang yang direkomendasikan adalah selama 15-30 menit. Hasilnya, tingkat kewaspadaan Anda akan meningkat," ujar Philip Gehrman, Ph.D., asisten profesor psikologi di University of Pennsylvania. 


Jika Anda ingin mengurangi tekanan dan meningkatkan kreativitas, Anda bisa memperpanjang durasi tidur siang hingga 90 menit. 

"Tidur siang selama 90 menit juga membantu Anda mengurangi tekanan dan meningkatkan kreativitas karena  waktu tersebut memenuhi siklus tidur secara penuh, dengan membawa Anda dari tahap yang paling ringan sampai yang terdalam sehingga Anda merasa segar kembali ketika terbangun," ujar Sara Mednick, Ph.D, profesor di University of California di Irvine.

Usahakan Anda mencari tempat yang nyaman untuk tidur siang. Sebab, terbangun di tengah siklus terdalam dari tidur Anda bisa menyebabkan sleep inertia, kondisi dimana Anda merasakan pening, pusing, atau lemas yang sulit dihindari. 

Di sisi lain, tidak semua orang terbiasa  tidur siang. Faktanya, sekitar 50 persen orang tidak mendapat manfaat dari tidur siang, baik dalam hal kewaspadaan maupun produktivitas. 

Jika Anda bukan tipe individu yang bisa tidur siang, mungkin Anda memiliki ritme sirkadian monophasic, dimana Anda akan tertidur ketika gelap dan bangun ketika hari sudah terang.

Lihat video:






(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id