Acara media briefing “Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia” di KalCare Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan. Medcom.id/Raka lestari
Acara media briefing “Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia” di KalCare Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan. Medcom.id/Raka lestari

Pola Makan yang Tepat bagi Penderita Diabetes

Rona diabetes
Raka Lestari • 13 November 2019 18:29
Jakarta: Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi masalah kesehatan serius dan mampu menggerus harapan hidup. Ada banyak cara mengontrol diabetes, sehingga penyandang diabetes dapat hidup lebih baik dan berkualitas.
 
Dr. dr. Fatimah Eliana, SpPD, KEMD, FINASIM menjelaskan, diabetes adalah silent killer dan ibu dari segala penyakit atau induk dari berbagai penyakit degeneratif. Seperti stroke, hipertensi, jantung koroner dan disfungsi ereksi.
 
"Diabetes disebut silent killer karena banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya menyandang diabetes,” ujar dr. Eli, dalam acara media briefing “Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia” di KalCare Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu, 13 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Masyarakat harus sadar beberapa gejala diabetes karena terkadang tidak disadari. Beberapa gejala diabetes yang sering muncul antara lain haus yang berlebihan, sering buang air kecil, sering merasa ngantuk, sering merasa lapar dan lemas,” tambah dr. Eli.
 
Dr. dr. Fiastuti Wijaksono, MS, MSc, SpGK (K), doktee spesialis gizi klinik di RSCM dan Jakarta Heart Center menambahkan bahwa bagi para penderita diabetes, bijak dalam memilih nutrisi diabetes yang tepat adalah langkah awal dan penting untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil
 
“Pola makan untuk penyandang diabetes bukan berarti berbeda dengan orang pada umumnya. Tapi sebenarnya berupa panduan pola makan dengan berbagai makanan bergizi dalam takaran porsi yang tepat dan mengikuti waktu makan yang rutin,” ujar dr. Fia.
 
Dibandingkan pola makan ketat yang mengurangi porsi makan, diet untuk penyandang diabetes adalah tetap melakukan pola makan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin, dan mineral.
 
Pola makan yang tepat untuk penyandang diabetes terdiri dari tiga prinsip atau 3 J yaitu tepat jadwal, jumlah, dan jenis. Tepat jadwal yaitu penyandang diabetes dianjurkan untuk makan setiap 3 jam dan terdiri dari tiga kali makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) dan tiga kali selingan.
 
Tepat jumlah yaitu kebutuhan kalori harian disesuaikan dengan berat badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif