Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Risiko Menggunakan Produk Perawatan Kulit Racikan Sendiri

Rona kesehatan kulit
Kumara Anggita • 11 September 2019 14:34
Jakarta: Banyak orang yang suka meracik sendiri produk perawatan kulitnya. Walaupun beberapa di antaranya berbahan alami, ternyata saat digunakan dengan kadar yang tidak tepat dapat memberikan dampak yang merusak bagi kulit wajah Anda.
 
Jangan sampai Anda salah racik karena dibandingkan memberikan efek yang menguntungkan, di kemudian hari kulit Anda akan merugi.
 
Berikut bahan-bahan yang perlu Anda hindari dari kulit Anda yang dilansir dari Healthline.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lemon
 
Kandungan lemon dikenal dapat membantu mencerahkan kulit Anda. Namun perlu diingat bahwa buah yang satu ini  mengandung asam sitrat. Kandungannya yang terlalu asam dapat menyebabkan bintik-bintik hitam muncul setelah paparan sinar matahari. Itu juga bisa mengeringkan dan mengiritasi kulit Anda.
 
Soda kue
 
Soda kue dikenal bisa mengangkat komedo di wajah Anda namun pada tingkat pH 8, soda kue justru akan membuat kulit Anda stres. Ini secara signifikan mengurangi kadar air kulit Anda sehingga menyebabkan kulit kering.
 
Bawang putih
 
Dalam bentuk mentah, bawang putih dapat menyebabkan alergi kulit, eksim, peradangan kulit, dan lepuh berair.
 
Pasta gigi
 
Kandungan yang ada di dalam pasta gigi mampu membunuh kuman dan menyerap minyak. Katanya, mengaplikasikannya bisa memutihkan kulit, membasmi jerawat, dan bahkan menghilangkan noda. Namun dia juga bisa mengeringkan atau mengiritasi kulit Anda
 
Gula
 
Gula dijadikan bahan campuran untuk masker Anda, sehingga bisa mengelupas bagian yang tidak Anda inginkan. Namun bahan yang satu ini dianggap terlalu keras untuk kulit wajah Anda.
 
Vitamin E
 
Pemberian vitamin E secara topikal dapat mengiritasi kulit Anda dan tidak terbukti memperbaiki penampilan bekas luka.
 
Mungkin ini semua alami dan dapat menghemat biaya, tetapi sayangnya tidak diformulasikan untuk kulit Anda. Jika Anda tidak merasakan efek samping langsung, bahan-bahan ini dapat menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang.
 
Yang terbaik adalah menggunakan produk yang  sudah diformulasikan untuk wajah Anda. Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter kulit Anda sebelum mencoba aplikasi DIY pada kulit Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif