Ilustrasi- (Foto: Pexels.com)
Ilustrasi- (Foto: Pexels.com)

Cara Bersihkan Hidung Bayi

Rona bayi
Timi Trieska Dara • 09 Oktober 2019 14:08
Jakarta: Hidung yang tersumbat menyebabkan bayi rewel, karena bayi yang baru lahir tahu cara bernapas hanya melalui lubang hidung kecil pada awalnya. Berikut adalah beberapa langkah untuk meredakan ketidaknyamanan bayi Anda, seperti dikutip parents.
 
1. Beli saline nasal spray. 
 
Ini adalah satu-satunya semprotan hidung yang aman untuk digunakan pada bayi. Anak bawah tiga tahun (batita), dan bawah lima tahun (balita). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baringkan bayi dan, jika mungkin, sedikit memiringkan kepalanya ke belakang (tapi tidak memaksakannya). Kemudian semprotkan 2 hingga 3 tetes saline ke setiap lubang hidung. 
 
Jangan khawatir jika bayi bersin, sebab masih membuat jalan masuk ke bagian hidung. Jika ada semprotan keluar dari hidung, bersihkan dengan tisu dengan lembut.
 
2. Gunakan semprotan bulb.
 
Ini juga disebut aspirator hidung. Pastikan untuk membeli satu yang dibuat khusus untuk lubang hidung kecil bayi. Sekali lagi, baringkan bayi di atas punggungnya. 
 
Pencet bulb (bulat) untuk mengeluarkan semua udara, dan, sambil masih meremas, masukkan ujungnya dengan lembut ke lubang hidung bayi (pastikan untuk tidak menjulurkannya terlalu jauh ke atas). 
 
Kemudian lepaskan tekanan, keluarkan, dan peras lendir dari bulb ke tisu. Ulangi di lubang hidung lainnya.
 
3. Menguapkan kamar mandi. 
 
Jalankan shower air panas selama beberapa menit; Ketika kamar mandi beruap, duduklah di kamar mandi bersama bayi sebentar. Ini akan membantu melonggarkan lendir di lubang hidung. Tapi jangan mandi air panas dengan si kecil Anda, sebab air panas bisa buat kulitnya melepuh!
 
4. Jalankan pelembab udara dingin.
 
Sebagian besar dari kita memiliki pemanas di dalam rumah selama bulan-bulan musim dingin, dan udara kering dapat membuat hidung bayi tersumbat. Menyimpan pelembab udara dingin di kamarnya saat dia tidur dapat memberikan sedikit kelegaan dan mencegah tersumbat.
 
5. Angkat kasur tempat tidur bayi. 
 
Kita semua lebih mudah bernapas melalui hidung yang tersumbat ketika kepala kita sedikit terangkat. Anda tidak dapat meletakkan bantal di bawah kepala bayi karena risiko SIDS, jadi letakkan handuk di bawah kepala kasur untuk mengangkatnya sedikit. Ini akan memberi bayi sedikit kelegaan selama tidur.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif