Mengonsumsi air dalam jumlah banyak dapat membantu mengatasi perut kembung.  (Foto Ilustrasi: Valdemars Magone/Unsplash)
Mengonsumsi air dalam jumlah banyak dapat membantu mengatasi perut kembung. (Foto Ilustrasi: Valdemars Magone/Unsplash)

Cara Mengatasi Perut Kembung

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 26 Mei 2019 19:00
Perut kembung sangat memengaruhi aktivitas Anda. Tapi ada beberapa cara simpel untuk mengatasi perut kembung. Seperti mengurangi asupan garam.
 
Jakarta:
Perut kembung tentunya membuat Anda tidak nyaman dan terkadang bisa mengganggu aktivitas harian Anda. Perut yang kembung bisa terjadi karena beberapa hal. Mulai dari salah makan atau mungkin ada sesuatu yang lebih serius terjadi pada tubuh Anda.
 
Terkadang perut kembung juga bisa terjadi ketika Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah besar. Sehingga menyebabkan terjadinya malfungsi pada saraf dan otot yang mengontrol dinding perut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung:

1. Kurangi asupan garam

"Batasi makanan olahan yang mengandung terlalu banyak garam untuk membantu menghilangkan rasa kembung di perut. Selain itu perhatikan juga apa yang Anda konsumsi, terutama makanan Jepang yang biasanya memiliki kandungan sodium yang tinggi dari kecap atau saus.," kata Keri Gans, MS, RDN, dan penulis The Small Change Diet.
 
Gans juga menyarankan agar Anda mencoba makanan yang dapat membantu menghilangkan kelebihan air. Asparagus dan semangka dapat membantu, juga makanan kaya kalium seperti ubi dan pisang.

2. Mengonsumsi magnesium

Jika kembung Anda terhubung dengan sembelit. Tamara Duker Freuman, MS, RD, merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen magnesium untuk membantu mengatasinya.
 
Anda bisa mengonsumsinya setiap hari jika perlu. Ahli diet Jessica Cording, juga merekomendasikan untuk mencampurkan bubuk magnesium sitrat yang dicampur dengan air hangat dan mengonsumsinya sebelum tidur jika Anda mengalami sembelit.

3. Jangan mengunyah permen karet

Duker Freuman menjelaskan bahwa ketika Anda mengunyah permen karet maka kemungkinan Anda akan menelan udara yang sering dapat menyebabkan perut kembung. Duker Freuman juga memperingatkan bahwa Anda dapat menelan udara lebih ketika sedang berlari dan langsung meneggak air dalam keadaan masih terengah-engah. Hal itu dapat menyebabkan gas menumpuk di perut.

4. Mengonsumsi air dalam jumlah cukup

Gans mengatakan bahwa mengonsumsi air dalam jumlah banyak dapat membantu mengatasi perut kembung. Terutama jika Anda mengalami perut kembung karena konsumsi sodium berlebih. Namun Duker Freuman memperingatkan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan, karena jika Anda mengonsumsi air berlebihan justru hal tersebut tidak dapat membantu.
 
Hobi Kuliner? Gak Perlu Takut Kolesterol

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif