Ruam popok terjadi karena reaksi kulit setelah terus menerus bersentuhan dengan popok. (Foto: Pexels.com)
Ruam popok terjadi karena reaksi kulit setelah terus menerus bersentuhan dengan popok. (Foto: Pexels.com)

Cara Mengobati Ruam Popok

Rona perkembangan anak kesehatan kulit
Anda Nurlaila • 24 Mei 2019 19:43
Ruam popok adalah ruam yang sering terjadi di sekitar daerah kemaluan, lipatan paha, pantat, dan perut bagian bawah. Ada tiga jenis ruam popok pada bayi. Ruam popok ringan, ruam popok jamur, dan ruam popok bakteri.
 

Jakarta: Ruam popok sering terjadi pada si kecil yang mengenakan popok. Ruam popok terjadi karena reaksi kulit setelah terus menerus bersentuhan dengan popok. Kalau sudah begini si kecil bisa jadi rewel.
 
Tapi ada beberapa langkah untuk mengatasi ruam popok. Berikut seperti dikutip dari Mother and Baby:

1. Mandi gandum

Oat penuh dengan antioksidan yang menenangkan iritasi dan peradangan kulit. Haluskan 100 gram gandum menjadi bubuk halus, tambahkan sedikit air hangat hingga warna air berubah menjadi warna putih susu. Tambahkan ke dalam air mandi bayi dan aduk sampai larut.

2. Popok premium

Popok premium memang lebih mahal, tetapi bisa sangat baik untuk kulit bayi. Jika merasa kesulitan menjaga kulit bayi dari ruam, maka ada baiknya membayar ekstra untuk popok yang menyerap lebih baik di malam hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara Mengobati Ruam Popok
(Ruam popok adalah ruam yang sering terjadi di sekitar daerah kemaluan, lipatan paha, pantat, dan perut bagian bawah. Foto: Pexels.com)

3. Cari merek popok terbaik

Saat anak mulai aktif, gesekan antara popok dan kulitnya meningkat. Beberapa merek popok lebih cocok dengan bentuk tubuh bayi tertentu. Jika menemukan tanda-tanda bahwa popok bergesekan, tanyakan ibu lain dan cari popok terbaik untuk buah hati.

4. Menepuk bokong bayi hingga kering

Setelah mandi, biasakan menepuk dengan lembut pada kulit bayi ketimbang menggosoknya hingga kering. Baringkan dia di atas perutnya sehingga Anda bisa mengeringkan lipatan-lipatan tubuhnya di mana air mungkin terperangkap.

5. Sinkronisasi

Jika orang lain mengganti popok anak, pastikan mengikuti perawatan yang Anda lakukan. Seperti menepuk kulit untuk membersihkan, dan menggunakan produk yang sama.

6 Jangan pakai popok

Memberi bayi waktu bebas popok sebanyak mungkin akan memungkinkan udara segar masuk ke kulitnya. Kulit bayi yang bebas popok menjaga agar tetap kering dan mengistirahatkan kulit dari gesekan dengan popok. Popok atau celana katun yang lembut dan nyaman adalah teman terbaik melawan ruam popok.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif