Bincang-bincang mengenai Penanganan Cepat dan Tepat untuk Kualitas Hidup dan Masa Depan Anak yang Lebih baik. (Foto: Raka Lestari/Medcom.id)
Bincang-bincang mengenai Penanganan Cepat dan Tepat untuk Kualitas Hidup dan Masa Depan Anak yang Lebih baik. (Foto: Raka Lestari/Medcom.id)

Yang Perlu Diketahui terkait Kondisi Celah Bibir dan Celah Langit

Rona tumbuh kembang anak
Raka Lestari • 15 Mei 2019 07:21
Jakarta: Tercatat sebanyak 8.000-9.000 bayi terlahir dengan kondisi celah bibir atau celah langit di Indonesia setiap tahunnya. Data itu berdasarkan Smile Train, sebuah organisasi nirlaba terbesar di dunia yang memberikan operasi perbaikan celah bibir dan langit.
 
Celah bibir dan langit merupakan kondisi di mana terdapat celah di antara rongga mulut dan rongga hidung. Kondisi itu akibat ketidaksempurnaan proses penyatuan bibir dan lelangit pada masa perkembangan janin.
 
Anak dengan celah langit atau bibir tidak bisa makan dan berbicara dengan benar. Serta seringkali tidak bersekolah atau melakukan aktivitas seperti pada umumnya. Kebanyakan bayi yang melalui serangkaian operasi, dapat mengembalikan fungsi anggota tubuh dan mampu mencapai tampilan dengan bekas luka minimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Operasi adalah tindakan medis paling utama untuk menyatukan celah bibir atau langit pada bayi, maupun anak-anak," ujar Letkol. Ckm. dr. Denny Irwansyah, SpBP-RE, dokter spesialis bedah plastic dan rekonstruksi.
 
"Dengan operasi, tidak hanya mengembalikan bentuk anatomi mendekati normal dengan memperhatikan aspek estetis wajah, namun juga memperbaiki fungsi bicara, makan dan psikologis anak serta keluarganya," sambung dr Denny Irwansyah, dalam acara bincang-bincang mengenai Penanganan Cepat dan Tepat untuk Kualitas Hidup dan Masa Depan Anak yang Lebih baik.
 
Ia juga menambahkan bahwa tidak semua anak akan melalui operasi yang sama. Hal ini bergantung pada usia dan kondisi celah yang dialami. Pada beberapa kasus, terkadang perlu operasi tambahan seperti operasi cangkok tulang, rhinoplasty atau operasi untuk memperbaiki bentuk hidung, operasi perbaikan rahang, atau operasi saluran telinga.
 
Namun menurut dr. Denny, sebelum anak melakukan operasi celah langit atau bibir ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah, kondisi pasien harus optimal dengan berat badan minimal 10 pon atau sekitar 5 kg. Kemudian usia bayi yang akan dilakukan operasi harus minimal 10 minggu dan dengan kandungan hemoglobin lebih dari 10.
 
"Ini menunjukkan bahwa kondisi pasien dalam kondisi prima. Selain itu, jika pasien mengalami kondisi kurang sehat misalnya batuk atau pilek sebaiknya tidak dilakukan operasi. Jangan lupa juga untuk melakukan screening pada pasien sebelum dilakukan operasi oleh dokter anak dan dari dokter ahli anastesi," tutup dr. Denny. 
 
Cerdas Menjaga Tumbuh Kembang Si Kecil

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif