Berikut ini ada beberapa aturan penting yang harus diperhatikan bagi ibu hamil sebelum melakukan pijat punggung. (Foto: Katherine Hanlon/Unsplash.com)
Berikut ini ada beberapa aturan penting yang harus diperhatikan bagi ibu hamil sebelum melakukan pijat punggung. (Foto: Katherine Hanlon/Unsplash.com)

Melakukan Pijat Punggung yang Aman di Kehamilan

Rona kehamilan
10 Desember 2018 13:35
Jakarta: Seiring bertambahnya berat badan semasa kehamilan, banyak ibu hamil yang mengeluhkan punggungnya kaku dan pegal-pegal. Itu sebabnya Anda harus melakukan pijat punggung saat hamil untuk meredakan rasa sakit.
 
Selain meredakan punggung pegal, pijat punggung juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah.  Jika dibiarkan sakit punggung selama kehamilan juga dapat menciptakan masalah yang akan terus berlangsung hingga jangka waktu yang panjang setelah melahirkan.
 
Dilansir dari BabyCenter, berikut ini ada beberapa aturan penting yang harus diperhatikan bagi ibu hamil sebelum melakukan pijat punggung, diantaranya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Pijat Mengurangi Kesakitan saat Persalinan)
 
Melakukan Pijat Punggung yang Aman di Kehamilan1. Dilakukan oleh terapis yang berpengalaman
Pijat sendiri saat hamil bisa berbahaya, pastikan Anda melakukannya dengan terapis atau ahli pijat khusus ibu hamil yang usdah berpengalaman dan bersertifikasi.
 
2. Posisi saat dipijat
Sebelum melakukan pemijatan pastikan atur tempat pemijatan sedemikian rupa.
 
Bila perlu tambahkan bantal penyangga agar Anda bisa nyaman dan rileks.
 
Untuk memijat di area punggung, panggul, dan bokong disarankan Anda dalam posisi miring. Sementara untuk di area kepala, bahu, betis, paha, serta tangan posisi Anda tidur telentang atau dalam posisi duduk.
 
3. Tekanan dalam pijatan
Mintalah agar dipijat dengan tekanan yang lembut dan tidak terlalu keras. Kombinasikan gerakan pijatan dengan memutar, menekan, mengusap dan menggosok. Lakukanlah secara perlahan-lahan dan terkendali.
 

Maria Fransiska
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif