Poin Penting dalam Perawatan Kulit Ibu Hamil (Foto: gettyimages)
Poin Penting dalam Perawatan Kulit Ibu Hamil (Foto: gettyimages)

Poin Penting dalam Perawatan Kulit Ibu Hamil

Rona kehamilan kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 18 Mei 2019 10:11
Jakarta: Ibu hamil harus berhati-hati dalam mengonsumsi bahan apapun, karena berpengaruh pada tumbuh kembang sang calon buah hati. Hal ini termasuk dalam perawatan kulit.
 
"Ada bahan-bahan yang tidak boleh digunakan oleh ibu hamil, karena ada yang menyebabkan gangguan pada organ tubuh janin. Bukan pada ibunya," ujar dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINS-DV, di Warung Ningrat, Jakarta Utara.
 
Ketika ibu hamil melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kehamilan, telah dipaparkan beragam aturan. Mulai dari apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentu Anda harus mematuhi sang dokter apabila tidak ingin ada risiko buruk terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika tidak melakukan anjuran dokter, pada saat lahir (bayi) bisa cacat. Ada banyak larangannya dan saat konsultasi dengan dokter pasti tidak boleh diberikan," tuturnya.
 
Segala pernyataan dokter sebaiknya dilaksanakan. Sebab, dokter tersebutlah yang paling memahami kondisi tubuh Anda dan perkembangan janin Anda. Yang paling penting, Anda harus bersikap terbuka terhadap apapun yang Anda rasakan dan alami.
 
Selain mematuhi saran dokter, Anda juga harus waspada dalam berbelanja atau membeli suatu produk yang nantinya Anda konsumsi. Terutama untuk produk yang Anda beli di luar produk medis.
 
"Intinya hati-hati ketika belanja produk secara umum, misalnya kosmetik bukan obat, seperi perawatan wajah, tubuh, dan lain-lain," paparnya.
 
Produk medis atau obat-obatan dari ajuran dokter spesialis sudah terjamin aman untuk Anda konsumsi. Maka, biasanya tidak ada bahan-bahan yang berbahaya untuk ibu hamil. Berbeda dengan itu, produk seperti kosmetik rentan tidak aman.
 
Akan tetapi, Anda bisa melihat tanda atau keterangan khusus di sekitar produk tersebut. Apabila ada tulisan tidak boleh digunakan untuk bayi atau ibu hamil, jangan coba-coba untuk menggunakannya.
 
Supaya kesehatan kulit Anda bisa terjaga dengan aman, gunakanlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit karena setiap orang memiliki kecocokan masing-masing. Terlebih, untuk Anda ibu hamil yang sering berada di tempat ber-AC (Air Conditioner) dan atau sering terpapar sinar matahari.
 
Tempat atau ruangan ber-AC memiliki kelembapan yang cenderung rendah. Ketika kelembapan udara rendah, lebih mudah terjadi kulit yang tidak sehat. Anda harus mengantisipasi agar cairan dalam kulit tidak keluar, dengan mengenakan lotion atau moisturizer.
 
Asupan nutrisi harus banyak. Dua hal ini juga harus diterapkan dalam kondisi kulit yang terpapar teriknya panas matahari. Sebab, kalau kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, ada risiko kanker kulit.
 
"Walaupun tidak setinggi risiko pada nelayan yang sehari-hari terpapar matahari. Kemudian kebersihan kulit juga harus dijaga. Biasanya kebersihan kulit diabaikan. Jadi kalau siang hari panas, kita keringetan, akan banyak kotoran nempel di kulit, baiknya siang kita lakukan pembersihan kulit," pungkas dr. Litya.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif