Ini Alasan Kenapa Lebih Banyak Kalori Tubuh Terbakar saat Musim Dingin

Raka Lestari 14 Februari 2018 16:02 WIB
kesehatan
Ini Alasan Kenapa Lebih Banyak Kalori Tubuh Terbakar saat Musim Dingin
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Cuaca dingin memang lebih rentan menularkan penyakit karena pada umumnya kekebalan tubuh menjadi menurun.

Namun, ada juga beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari cuaca dingin sehingga Anda bisa menikmatinya daripada harus terus menerus berlindung dibalik selimut hangat.

Berikut inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari cuaca dingin, dilansir dari Reader's Digest.


1. Membantu menurunkan kalori

Saat cuaca dingin, tubuh bekerja lebih keras menjaga suhu tubuh. "Tubuh menggunakan energi yang cukup banyak untuk membuat kita tetap hangat, dan melembabkan udara yang kita hirup saat kita dalam kedinginan," jelas Stacy Tucker, RN, seorang ahli kesehatan alami.

2. Meningkatkan brown fat

Sebagian besar lemak pada manusia tampak berwarna keputihan, sedangkan lemak cokelat adalah sel lemak yang mengandung mitokondria yang membakar energi dan menghasilkan panas dalam tubuh. 

"Diperkirakan hanya bayi yang memiliki lemak cokelat, namun sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa memiliki beberapa lemak cokelat, dan orang dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah cenderung memiliki kandungan lemak cokelat yang lebih tinggi," kata Tucker.  Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika seseorang terpapar pada suhu yang lebih dingin, mereka memiliki peningkatan lemak cokelat.

3. Mengurangi peradangan

Es batu sering digunakan untuk meredakan peradangan ketika terjadi cedera. "Jika Anda merasa persendian Anda tidak sering mengalami peradangan di musim dingin hal itu karena udara dingin bekerja seperti es alami untuk mengurangi peradangan," ujar Tucker.


4. Membantu Anda melawan infeksi

Anda mungkin akan lebih mudah terkena flu ketika musim dingin. Namun penelitian menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh manusia dapat diaktifkan saat terkena flu, dan ini dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk melawan infeksi, jelas Tucker.

5. Meremajakan kulit

Suhu yang cukup dingin bisa berdampak baik untuk kesehatan kulit karena dapat menghambat pembuluh darah di kulit.  Hal ini membuat kulit Anda tidak mudah mengalami kemerahan dan pembengkakan akibat penurunan aliran darah, jelas Tucker. Selain itu, Anda juga cenderung menghasilkan sedikit minyak dan sebum di musim dingin, jadi Anda mungkin akan memiliki lebih sedikit jerawat.






(DEV)