Bahaya Penggunaan Gawai di Atas Pukul 10 Malam
Bahaya Penggunaan Gawai di Atas Pukul 10 Malam (Foto: istock)
Jakarta: Penggunaan gawai sebelum tidur malam ketahui memang memberi banyak dampak buruk. Sebuah studi yang dipublikasi dalam The Lancet Psychiatry dan digarap oleh University of Glasgow mencoba mencari tahu gangguan apa yang muncul jika sibuk bermain gawai di malam hari.

Para partisipan yang berusia 37 hingga 73 tahun menggunakan sebuah alat di pergelangan tangan untuk bisa memonitor ritme sirkadian yang terganggu selama bermain gawai. Selain itu, kesejahteraan psikologis mereka juga diperhatikan.

Hasilnya, satu dari 25 orang memiliki kebiasaan aktivitas tak biasa dimana mereka tak lebih aktif di siang hari, dibandingkan malam hari. Sebanyak 11 persen dari mereka cenderung mengalami gangguan bipolar dan enam persen mengalami depresi.


Selain itu, mereka juga memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih rendah dan tingkat kesepian yang lebih tinggi. Orang-orang tersebut juga menderita kebersihan tidur yang sangat buruk, demikian menurut penulis utama Daniel Smith.

"Ini penting karena berdampak pada semua. Jadi, temuan ini menunjukkan bahwa efek tersebut sangat konsisten untuk kesehatan mental dan hasil kognitif negatif."

Smith menganjurkan untuk tidak menggunakan gawai di atas pukul 22.00 dan tidak terlalu banyak istirahat di siang hari agar tubuh bisa terlelap di malam hari.

"Saya pikir ini penting karena masalah kesehatan penduduk pada umumnya adalah hidup dengan ritme sirkadian yang terganggu," katanya.


 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id