Susu Cokelat Bantu Pemulihan Otot setelah Berolahraga

Sri Yanti Nainggolan 14 Juli 2018 12:31 WIB
tips kesehatan
Susu Cokelat Bantu Pemulihan Otot setelah Berolahraga
(Foto: Livestrong)
Jakarta: Minuman susu coklat tak hanya enak dinikmati menjelang tidur, tetapi juga bermanfaat untuk pemulihan setelah olahraga.

Sebuah studi dari Shahid Sadoughi University di Iran menyebutkan bahwa susu cokelat membuat seseorang bisa berolahraga enam menit lebih lama dibandingkan minuman olahraga lainnya. Susu cokelat juga meningkatkan detak jantung dan kadar asam laktat, yang mencegah kram.

Susu cokelat mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, serta air dan elektrolit, yang semuanya sangat penting untuk pemulihan pasca olahraga.


Para peneliti menganalisis 12 studi yang melibatkan 150 partisipan yang minum susu cokelat setelah melakukan rangkaian tes olahraga seperti lari dan bersepeda.

Berbagai penanda seperti denyut jantung, tingkat asam laktat dan kelelahan diukur.

Hasilnya, susu coklat lebih efektif dibandingkan dengan plasebo atau minuman pemulihan lainnya, meskipun para peneliti mencatat bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menarik kesimpulan yang pasti.

"Susu cokelat mengandung karbohidrat, protein, lemak, flavonoid, elektrolit, dan beberapa vitamin yang membuat minuman ini pilihan yang baik untuk pemulihan pada atlet," kata penulis studi Dr Amin Salehi-Abargouei, dilansir dari The Independent.

Ia menyimpulkan, susu cokelat adalah pilihan yang murah, lezat, dan enak untuk pemulihan dan memberikan efek yang sama atau lebih unggul dibandingkan dengan minuman komersial.

Namun, susu cokelat bukan satu-satunya pilihan. Smoothie tertentu, sereal dengan susu atau sup dapat menyediakan nutrisi yang diperlukan juga oleh tubuh.

Minum banyak air tentu saja penting untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat saat berolahraga, tetapi air saja tidak akan memberikan apa yang dibutuhkan untuk pemulihan otot.






(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id