Ketika sedang sakit, ada beberapa makanan yang bisa membuat Anda bertambah sakit dan ada juga beberapa makanan yang dapat mempercepat penyembuhan Anda. (Foto: /Unsplash.com)
Ketika sedang sakit, ada beberapa makanan yang bisa membuat Anda bertambah sakit dan ada juga beberapa makanan yang dapat mempercepat penyembuhan Anda. (Foto: /Unsplash.com)

Lima Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ketika Sakit

Rona kesehatan pencernaan
Raka Lestari • 17 September 2018 13:47
Jakarta: Ketika sedang sakit, ada beberapa makanan yang bisa membuat Anda bertambah sakit dan ada juga beberapa makanan yang dapat mempercepat penyembuhan Anda. Sehingga, memilih makanan yang dapat mempercepat proses penyembuhan merupakan hal yang penting dilakukan. 
 
"Ketika Anda sedang merasa tidak enak badan, sebaiknya fokus terhadap makanan yang dapat membantu Anda tetap terhidrasi dan memberikan tubuh energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan penyakit," kata Alyssa Tucci, direktur nutrisi di Virtual Health Partners, kepada Elite Daily. Dan beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang sakit adalah sebagai berikut.
 
1. Kafein
Jika Anda terbiasa mengonsumsi kafein setiap pagi, sebaiknya hindari hal ini ketika Anda sedang merasa tidak enak badan. Menurut Tucci, kafein dapat membuat Anda dehidrasi dan itu malah bisa membuat Anda merasa tambah sakit. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebaliknya ia menyarankan untuk mengonsumsi smoothie ketika sedang sakit. "Smoothie merupakan pilihan yang terbaik karena mereka mengandung berbagai nutrisi, plus bisa membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik," katanya. 
 
(Baca juga: Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Gigi Dicabut)
 
Lima Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ketika Sakit
(Jika Anda terbiasa mengonsumsi kafein setiap pagi, sebaiknya hindari hal ini ketika Anda sedang merasa tidak enak badan. Menurut Tucci, kafein dapat membuat Anda dehidrasi dan itu malah bisa membuat Anda merasa tambah sakit. Foto: Nathan Dumlao/Unsplash.com)
 
2. Kentang goreng
Makanan-makanan asin seperti kentang goreng sebaiknya dihindari ketika Anda sedang sakit, ujar Carol Aguirre, MS, RD LDN, ahli diet ahli gizi yang berbasis di Florida. "Makanan yang tinggi lemak dapat lebih sulit dicerna dibandingkan dengan karbohidrat dan protein dan dapat memicu sakit perut sebagai hasilnya."
 
3. Daging-dagingan
Cobalah untuk menghindari daging, ikan, telur, dan ayam ketika Anda sedang sakit, kata Dr Divya Selvakumar, ahli diet terdaftar, spesialis nutrisi, dan profesor nutrisi. "Jika Anda harus mengonsumsi daging, maka sebaiknya harus dimakan dalam bentuk sup yang sudah lama dimasak. Namun, lebih baik menggunakan makanan nabati sebagai gantinya."
 
4. Keju
Diansir dari Elite Daily, menurut ahli nutrisi terdaftar, Callie Exas MPH, MS, RDN, makanan nomor satu yang harus dihindari ketika Anda sakit adalah produk susu, karena dapat menyebabkan sekresi lendir, membuat Anda merasa lebih buruk. 
 
Jika perut Anda sudah sensitif terhadap laktosa, berhati-hatilah ekstra, kata Exas. "Ketika Anda sakit, mikrobiom Anda mungkin meradang, yang dapat menyebabkan lebih banyak gangguan lambung, jadi penting untuk menjauh dari makanan yang lebih keras di usus," katanya. 
 
5. Soda
Menurut  Caleb Backe, ahli kesehatan dan kebugaran untuk Maple Holistics, mengatakan bahwa soda adalah minuman yang harus dihindari ketika Anda sedang sakit. "Soda adalah larutan gula dan air yang sangat terkonsentrasi, sangat mudah untuk dicerna, yang dapat memiliki efek langsung pada sistem kekebalan tubuh Anda karena melemahkan sel-sel darah putih Anda," ujar Backe. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif