Tips Cegah Radang Gusi Saat Hamil
Berikut ini adalah tips mencegah radang gusi saat hamil. (Foto: Jordan Bauer/Unsplash.com)
Jakarta: Saat hamil beberapa keluhan bisa saja terjadi. Dan satu dengan ibu hamil lainnya bisa jadi tak sama.

Jika Anda mengalami radang gusi, menurut dr. Handi Suryana, SpOG, dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta mengatakan, “Radang gusi pada Bumil paling sering terjadi di akhir bulan kedua hingga bulan kedelapan."

Menurut dr. Handi hal ini dimungkin karena konsentrasi dari hormon estrogen dan progesteron terjadi pada waktu tersebut.
"Hormon progesteron menekan imunitas ibu hamil dan aliran darah di gusi menjadi lebih kaya. Sehingga dapat memicu radang. Penyebab paling banyak radang gusi biasanya adalah kuman gram ninatis anaerob."



(Jika Anda mengalami radang gusi, menurut dr. Handi Suryana, SpOG, dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta mengatakan, “Radang gusi pada Bumil paling sering terjadi di akhir bulan kedua hingga bulan kedelapan." Foto: Vasi Bob/Unsplash.com)

(Baca juga: Radang Sendi Saat Hamil Dapat Memicu Kelahiran Prematur)

Dr. Handi menjelaskan bahwa kuman ini paling sering menjadi penyabab dari radang pada gusi. Ibu hamil bisa lakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk bertanya lebih jauh lagi tentang tindakan yang tepat, apakah masih bisa dipertahankan ataukah tidak.”

Dan berikut ini adalah tips mencegah radang gusi saat hamil.

1. Dengan rajin menyikat gigi secara teratur
2. Jika perlu kumur dengan obat pembersih atau antiseptik
3. Yang penting menjaga kesehatan gigi dengan tepat
4. Kunjungi dokter gigi secara teratur 6 bulan sekali
5. Jika Anda ragu, bisa cek sebelum hamil ke dokter gigi. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan sebelum terlanjur hamil





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id