Menurut Alisa Vitti, ahli gizi fungsional dan pendiri Flo Living Hormone Center, mengidam makanan umumnya menandakan bahwa tubuh Anda membutuhkan mikronutrien tertentu. (Foto: Pixabay.com)
Menurut Alisa Vitti, ahli gizi fungsional dan pendiri Flo Living Hormone Center, mengidam makanan umumnya menandakan bahwa tubuh Anda membutuhkan mikronutrien tertentu. (Foto: Pixabay.com)

Mengapa Saat Hamil Anda Mengalami Ngidam?

Rona kehamilan
Raka Lestari • 12 Februari 2019 10:44
Jakarta: Ibu hamil identik dengan mengidam suatu makanan, bahkan mungkin makanan-makanan tersebut sudah jarang ditemukan. Mitos mengatakan bahwa ketika seorang ibu hamil mengalami ngidam dan tidak terpenuhi, maka itu akan berpengaruh pada bayi yang akan dilahirkannya nanti. 
 
Tentu saja itu hanyalah mitos belaka, namun ternyata ibu hamil yang mengalami ngidam memang memiliki alasan ilmiah dibaliknya dan tidak ada hubungannya dengan bayi yang akan dilahirkannya jika tidak terpenuhi. 
 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil cenderung menginginkan makanan yang kaya kalori dan lemak, yang keduanya juga merupakan ciri-ciri comfort food. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jolene Brighten, seorang dokter naturopati dan penulis buku "Healing Your Naturally After Childbirth," menjelaskan bahwa hormon seks wanita berubah selama kehamilan. 
 
Sebagai hasilnya, dia berkata, "Kadang-kadang kita bisa melihat tingkat dopamin yang lebih rendah, yang akan menyebabkan Anda mengidam sesuatu." 
 
Mengapa Saat Hamil Anda Mengalami Ngidam?
(Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil cenderung menginginkan makanan yang kaya kalori dan lemak, yang keduanya juga merupakan ciri-ciri comfort food. Foto: Pixabay.com)
 
(Baca juga: Kuis: Tebak Ngidam Aktris Hollywood)
 
Dopamin adalah bahan kimia yang membuat Anda merasa "senang". Bahkan ketika Anda berpikir tentang makan makanan yang tinggi lemak dan kalori atau comfort food Anda itu dapat meningkatkan tingkat dopamin yang menyebabkan Anda merasa senang. 
 
Ketika tingkat dopamin turun selama kehamilan, wanita mungkin cenderung mencari makanan yang akan meningkatkannya lagi. 
 
Menurut Alisa Vitti, ahli gizi fungsional dan pendiri Flo Living Hormone Center, mengidam makanan umumnya menandakan bahwa tubuh Anda membutuhkan mikronutrien tertentu. 
 
Vitti mengaitkan mengidam tertentu dengan defisiensi tertentu. "Mengidam makanan asin dapat menunjukkan kekurangan magnesium, mengidam susu kekurangan kalsium, mengidam makanan manis pertanda kekurangan karbohidrat dan kalori, sedangkan mengidam makanan lemak pertanda kekurangan lemak esensial." 
 
Secara umum, ngidam makanan yang menenangkan selama kehamilan tidak perlu dikhawatirkan. Namun sebaiknya jangan berlebihan dan mengonsumsinya dalam porsi kecil sebagai cara untuk membantu Anda menjaga makanan sehat dalam pola makan Anda. 
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif