Apa itu Cerebral Cavernous Malformation seperti dalam Away di series Netflix? Berikut ulasannya. (Foto: Dok. Netflix.com)
Apa itu Cerebral Cavernous Malformation seperti dalam Away di series Netflix? Berikut ulasannya. (Foto: Dok. Netflix.com)

Mengenal Penyakit CCM Seperti di Serial Netflix, Away

Rona kesehatan psikologi kesehatan mental
Raka Lestari • 20 September 2020 12:00
Jakarta: Sebuah serial dari Netflix yang berjudul Away, baru-baru ini menceritakan mengenai penyakit cerebral cavernous malformation (CCM). Kondisi yang berkaitan dengan otak ini masih jarang diketahui oleh banyak orang. Dan menurut National Institute of Health (NIH), CCM ini dialami oleh sekitar 16 – 50 dari 1000 orang di seluruh dunia. 

Apa itu CCM? 

“Cerebral cavernous malformation (CCM) adalah kumpulan pembuluh darah berdinding tipis dan padat di otak yang dapat menyebabkan pendarahan otak,” kata Michael Walsh, MD, seorang ahli bedah saraf di Northwestern Medicine Lake Forest Hospital. 
 
Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, ukuran CCM dapat bervariasi. Mulai dari beberapa fraksi inci hingga beberapa inci. 
 
Walaupun kondisinya terdengar menakutkan, CCM biasanya memiliki risiko pendarahan yang lebih rendah daripada banyak kelainan pembuluh darah lainnya, dan sering kali tidak menimbulkan gejala apa pun. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Banyak orang yang hidup dengan CCM selama hidupnya, tanpa mengetahui bahwa dirinya memiliki CCM,” ujar Dr Walsh. 
 
Menurut NIH, cavernous malformations atau yang disebut juga dengan lesi sebenarnya dapat terbentuk di mana saja di tubuh. Akan tetapi, biasanya akan menyebabkan gejala serius bila terjadi di otak dan sumsum tulang belakang.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif