Dabetes tipe 1 tetap sama berbahaya juga seperti diabetes tipe 2. (Foto: Dok. Kate/Unsplash.com)
Dabetes tipe 1 tetap sama berbahaya juga seperti diabetes tipe 2. (Foto: Dok. Kate/Unsplash.com)

Penyebab Diabetes Tipe 1 dan Faktor Risikonya

Rona diabetes
Raka Lestari • 19 Juli 2020 18:07
Jakarta: Diabetes terdiri dari dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling banyak dialami oleh kebanyakan orang. Meskipun begitu, diabetes tipe 1 tetap sama berbahaya juga seperti diabetes tipe 2.
 
“Diabetes tipe 1, tubuh pada dasarnya menyerang dirinya sendiri pada pankreas sehingga pankreas tidak dapat memproduksi insulin,” kata Stephanie Redmond, PharmD, ta Stephanie Redmond, PharmD, co-founder Diabetes Doctor Supplements.
 
Para ahli mengklasifikasikan diabetes tipe 1 sebagai penyakit autoimun, yaitu ketika sistem kekebalan tubuh Anda secara keliru menyerang tubuh Anda sendiri. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun para ahli tidak tahu persis apa yang menyebabkan tubuh menyerang pankreas dan menghentikan produksi insulin.
 
Tanpa adanya hormon insulin, tubuh tidak dapat mengisi bahan bakar untuk dirinya sendiri dan pada dasarnya menyebabkan kelaparan. Ini dapat menyebabkan rasa lelah dan lapar.
 
Sebagian besar penderita diabetes tipe 1 mengalami gejala yang mendadak dan berat, dalam hitungan hari atau minggu. 
 
Gejalanya adalah penurunan berat badan yang cepat, muntah, atau kehilangan kesadaran dalam kasus yang paling ekstrem. Jika ini terjadi, Anda harus segera mencari pertolongan medis.
 
Meskipun para ahli belum mengetahui penyebab pasti dari diabetes tipe 1, ada beberapa faktor risiko diantaranya di bawah ini seperti ditulis oleh Kelly Burch lewat "What causes type 1 diabetes and how to know whether you're at risk."

1. Faktor genetik 

Variasi dalam kelompok gen HLA pada kromosom 6 berhubungan dengan diabetes tipe 1. Secara khusus, gen HLA-DR3 dan HLA-DR4 telah dikaitkan dengan diabetes tipe 1 pada orang-orang kaukasia. 
 
Dikutip dari Insider, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien usia muda yang didiagnosis memiliki risiko mengembangkan diabetes tipe 1 karena faktor genetik.

2. Cuaca dan iklim 

Menurut American Diabetes Association, kondisi ini lebih sering terjadi di daerah beriklim dingin dan berkembang lebih sering pada musim dingin daripada di musim panas. 
 
Selain itu, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal European Society of Pediatric Endocrinology menyimpulkan bahwa kasus diabetes tipe 1 tampaknya meningkat dalam cuaca yang relatif dingin.

3. Penyakit autoimun lainnya

Penyakit autoimun yang sebelumnya dialami oleh seseorang dapat meningkatkan risiko mengembangkan penyakit diabetes tipe 1. Beberapa kondisi tersebut di antaranya adalah Vitiligo, Celiac disease, tiroiditis dan penyakit Grave Hashimoto.

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif