Kopi, teh, coklat, dan soda adalah beberapa sumber kafein yang paling umum.
Kopi, teh, coklat, dan soda adalah beberapa sumber kafein yang paling umum.

Apakah Kafein dapat Membantu Mengatasi Sakit Kepala?

Rona
Raka Lestari • 25 April 2019 18:46
Untuk sakit kepala yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di otak, suatu kondisi yang dikenal sebagai vasodilatasi kafein dapat membantu dengan menyebabkan pembuluh darah mengerut dan mengurangi pembengkakan.
 

Jakarta:
Ada banyak orang yang membutuhkan secangkir kopi untuk membantu meredakan sakit kepala mereka.
 
Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah kafein memang benar benar dapat membantu dalam meredakan sakit kepala Anda?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Huffington Post, kafein dapat meredakan dan memperburuk sakit kepala. Hasilnya tergantung pada beberapa faktor khusus untuk Anda dan kebiasaan Anda.
 
Jadi, sebelum Anda meminum kopi andalan sebaiknya ketahui beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu berikut ini:
 
Hanya ada beberapa kasus di mana kafein dapat meredakan sakit kepala
 
"Agar lebih jelas, kafein tidak selalu membantu sakit kepala," kata Kirsten Ransbury, ketua ahli diet terdaftar di Kaiser Permanente di Roseville, California.
 
Untuk sakit kepala yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di otak, suatu kondisi yang dikenal sebagai vasodilatasi kafein dapat membantu dengan menyebabkan pembuluh darah mengerut dan mengurangi pembengkakan.
 

Menurut Kiran F. Rajneesh, direktur divisi nyeri neurologis di Ohio State University Wexner Medical Center, kafein mungkin juga membantu meringankan sakit kepala karena tegang dengan mengendurkan otot-otot yang tegang di kulit kepala atau bagian belakang kepala.
 
Tidak ada dosis tertentu
 
Tidak ada resep atau dosis tertentu untuk meredakan sakit kepala yang Anda alami. "Beberapa orang secara genetis cenderung lebih sensitif terhadap kafein dan orang-orang ini mungkin harus menahan diri untuk tidak menggunakan kafein sebagai pereda nyeri." kata Rajneesh.
 
Ia juga menambahkan bahwa satu atau dua cangkir sudah cukup untuk dikonsumsi sehari-hari.
Tiga sampai empat cangkir kopi merupakan batas maksimal dalam mengonsumsi kafein.
 
(Baca Juga: Minum Kopi Bikin Cemas, Apa Penyebabnya?)
 
Apakah Kafein dapat Membantu Mengatasi Sakit Kepala?
(Kopi, teh, coklat, dan soda adalah beberapa sumber kafein yang paling umum. Foto:Unsplash.com)
 
Perhatikan sumber kafein Anda
 
Kopi, teh, coklat, dan soda adalah beberapa sumber kafein yang paling umum. Ransbury mengatakan seharusnya tidak ada perbedaan signifikan dari berbagai sumber kafein tersebut tetapi kafein yang berasal dari minuman berenergi jika dikonsumsi terlalu banyak dikaitkan dengan pusing, kejang, dan stroke.
 
Yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah kafein dalam sumbernya. Ransbury mengatakan kopi mengandung sekitar 106 hingga 164 miligram kafein per 5 ons cangkir, sementara sekaleng soda berkafein 12 ons mengandung 38 hingga 46 miligram.
 
Tergantung pada individu
 
Cara untuk meredakan sakit kepala tentunya berbeda dari satu orang dengan yang lainnya. Namun Rajneesh menyarankan untuk melakukan modifikasi gaya hidup untuk mengatasi sakit kepala yang dialami, mulai dari memerhatikan jadwal tidur Anda, memepertahankan hidrasi dan memasukkan jadwal olahraga intensitas sedang ke dalam rutinitas Anda.
 
Sebelum mempertimbangkan pengobatan, Rajneesh mengatakan penting untuk mencoba mencari tahu apa yang dalam hidup seseorang dapat menyebabkan sakit kepala dan buatlah perubahan dari sana.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif