Musik Bisa Menjadi Alat Bantu Tidur
Musik Bisa Menjadi Alat Bantu Tidur (Foto: shutterstock)
Jakarta: Selain potensinya untuk membantu mengurangi kecemasan serta efek negatif dari rasa sakit fisik, sebuah studi baru menunjukkan bahwa musik memiliki potensi berfungsi sebagai bantuan tidur yang murah dan non-farmasi bagi orang yang menghadapi kesulitan mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur adalah masalah yang akan berdampak pada banyak hal dan menimbulkan dampak yang serius.

Studi ini menemukan bahwa musik merangsang seseorang untuk tidur dan memblokir stimulus internal atau eksternal yang akan mengganggu tidur.

"Studi ini menawarkan pemahaman baru ke dalam motivasi kompleks yang mendorong orang untuk menggunakan musik sebagai bantuan tidur dan alasan mengapa begitu banyak orang merasa ini merupakan cara yang efektif," kata salah satu peneliti dalam studi tersebut,  Tabitha Trahan dari University of Sheffield di Inggris.
 
Para peneliti melakukan pengamatan terhadap 651 orang dewasa dan hasilnya menunjukkan bahwa 62 persen dari para peserta menggunakan musik untuk membantu mereka tidur. Studi ini diterbitkan dalam jurnal  PLOS ONE. Bahkan mereka yang tidak menderita gangguan tidur menggunakan musik dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk membantu meningkatkan kualitas kenyamanan dari tidur mereka.


Penelitian telah menunjukkan bahwa musik memiliki banyak efek neurologis dan fisiologis yang menjanjikan yang dapat menjadi indikasi penggunaannya yang efektif dalam melawan kurangnya waktu tidur. Manfaat psikologis subyektif dari musik juga telah dikaitkan dengan perubahan kimia yang diamati melalui tingkat hormon ketika musik meningkatkan oksitosin dan tingkat relaksasi serta mengurangi pikiran negatif.



 



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id