Kapan Waktu Tubuh Paling Banyak Membakar Kalori?

Torie Natalova 17 November 2018 07:00 WIB
kesehatan
Kapan Waktu Tubuh Paling Banyak Membakar Kalori?
Ini Waktu Tubuh Membakar Kalori Terbanyak (Foto: gettyimages)
Jakarta: Setiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda-beda, dimana ini menentukan seberapa cepat atau tidak tubuh membakar makanan yang dikonsumsi. Namun, tingkat metabolisme seseorang juga dapat bervariasi secara signifikan sepanjang hari.

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, sangat mungkin untuk membakar rata-rata sekitar 10 persen lebih banyak kalori daripada yang Anda lakukan di hari lainnya.

Waktu yang menunjukkan bahwa tubuh membakar sekitar 10 persen kalori lebih banyak yaitu di sore dan awal malam, bukan pagi hari.


Temuan penelitian hanya memperhitungkan tingkat pembakaran kalori ketika orang-orang sedang beristirahat, yaitu duduk diam selama setengah jam pada pukul 5 pagi, dan kemudian setengah jam pada jam 5 sore. Anda kemungkinan akan membakar 10 persen lebih banyak kalori di slot waktu terakhir.

Berdasarkan hasil studi yang diikuti beberapa peserta menunjukkan bahwa tingkat metabolisme subjek berada pada titik terendah di malam biologis akhir yakni pada jam-jam awal pagi atau subuh. Tetapi, akan mencapai puncaknya sekitar 12 jam kemudian pada siang atau malam.

Perbedaan kalori yang terbakar ditemukan rata-rata sekitar 130 kalori lebih banyak pada sore dan malam hari, dibandingkan pada pagi hari.

Seperti diketahui, penambahan berat badan terjadi ketika jumlah kalori yang dikonsumsi lebih banyak daripada kalori yang dibakar. Sehingga penting untuk mengetahui makanan apa yang harus dikonsumsi di waktu-waktu tersebut.

 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id