(Foto: Mayo Clinic)
(Foto: Mayo Clinic)

Lima Hal Ini Bikin Flu Lebih Cepat Sembuh

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 18 Oktober 2018 11:06
Jakarta: Flu acapkali menyerang saat pergantian musim atau pada musim hujan. Meski kebanyakan flu tidak berbahaya, tetapi bisa menurunkan produktivitas Anda.
 
Minum air putih yang cukup adalah cara yang direkomendasikan dokter agar Anda cepat sembuh. Namun selain itu, sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kondisi tubuh Anda lebih cepat pulih, antara lain.
 
1. Perbanyak istirahat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Istirahat dan tidur sebanyak yang Anda bisa ketika Anda mengalami flu sangat penting untuk pemulihan yang cepat. Apa pun yang Anda lakukan, usahakan jangan sampai kelelahan dan pastikan untuk tidur sebanyak mungkin. Tidur dengan bantal agak tinggi jika hidung Anda mampet. 
 
2. Minum teh hangat
 
Teh panas dikenal mampu meredakan flu dan pilek. Cairan panas membantu melonggarkan dan membersihkan hidung yang tersumbat, menenangkan tenggorokan yang sakit, dan bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. 
 
3. Mandi air hangat
 
Mandi air hangat dapat membantu meringankan kedinginan dan menggigil yang Anda alami ketika flu dan uap panas yang dihasilkan dari air panas dapat membantu melegakan sumbatan yang terdapat pada hidung Anda dan saluran pernapasan bagian atas. 
 
4. Minum lemon dan madu
 
Madu dapat bermanfaat untuk menenangkan tenggorokan yang sakit, dan juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, sedangkan lemon mengandung banyak vitamin C. Secangkir hangat air hangat dengan lemon dan madu adalah minuman pilihan untuk pilek dan batuk yang berat. 
 
5. Menonton komedi
 
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa sesuatu yang lucu dapat memengaruhi sistem imun dan berbagai aspek lain yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh.
 

Lihat video:
 


 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif