Empat Cara Atasi Leher yang Kaku
Melatih otot-otot leher secara teratur bisa menghindari Anda mengalami leher yang tegang. (Foto: Kirill Balobanov/Unsplash.com)
Jakarta: Melatih otot-otot leher secara teratur bisa menghindari Anda mengalami leher yang tegang. Biasanya ini terjadi karena duduk terlalu lama di depan komputer, televisi atau bahkan karena tidur berlebihan.

Tapi, perlu berhati-hati saat melakukan latihan leher, sebab kalau tidak benar malah akan membuat leher Anda semakin sakit.

1. Latihan pertama
Salah satu latihan yang paling sederhana adalah dengan perlahan-lahan menggerakkan kepala Anda ke atas dan ke bawah dalam gerakan lambat. Baik duduk atau berdiri tegak. Mulailah dengan melakukan hanya 5-10 kali. Namun, secara bertahap lakukan pengulangan untuk itu.



(Melatih otot-otot leher secara teratur bisa menghindari Anda mengalami leher yang tegang. Biasanya ini terjadi karena duduk terlalu lama di depan komputer, televisi atau bahkan karena tidur berlebihan. Foto: Jeshoots/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Penyebab Wanita Sering Mengalami Nyeri Leher dan Punggung)

2. Latihan kedua
Latihan lainnya adalah dengan memiringkan leher Anda ke samping bergantian antara kanan dan kiri. Baik duduk atau berdiri tegak. Lakukan sekitar 5-10 kali untuk hasil yang maksimal.

3. Latihan ketiga
Putar leher Anda dengan lembut. Tidak peduli Anda duduk atau pun berdiri. Lakukan putaran searah jarum jam atau kebalikannya.

4. Latihan keempat
Ini disebut latihan ekstensi leher. Tempatkan kedua telapak tangan Anda di bagian belakang leher dan angkat dagu Anda dengan menekuk sedikit kepala Anda. Biarkan seperti itu tapi dorong telapak tangan Anda. Pertahankan posisi tersebut selama 5-10 detik. Ulangi minimal sekitar lima kali. 


Sumarni





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id