Untuk mendapatkan efek kesehatan yang optimal, pastikan Anda memahami perbedaan antara prebiotik dengan probiotik. (Foto: Lex Sirikiat/Unsplash.com)
Untuk mendapatkan efek kesehatan yang optimal, pastikan Anda memahami perbedaan antara prebiotik dengan probiotik. (Foto: Lex Sirikiat/Unsplash.com)

Perbedaan Antara Prebiotik dan Probiotik

Rona kesehatan pencernaan
Raka Lestari • 10 September 2018 11:17
Jakarta: Prebiotik dan probiotik memiliki nama yang hampir serupa tetapi ada perbedaan besar dalam cara mereka bekerja di tubuh Anda. Untuk mendapatkan efek kesehatan yang optimal, pastikan Anda memahami perbedaan antara prebiotik dengan probiotik. 

Menurut Alanna Cabrero, RD, dari NYU Langone Health, prebiotik adalah makanan atau panganan yang mengandung bakteri baik untuk usus Anda. 

"Sedangkan probiotik adalah bakteri dan ragi yang mendukung kemampuan tubuh kita untuk menyerap dan mencerna nutrisi, serta membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat, termasuk kemampuan untuk melawan infeksi," ujar Cabrero. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Prebiotik merupakan sejenis serat yang mendorong keberlanjutan bakteri dan bersama dengan probiotik, meningkatkan kesehatan usus yang lebih baik. 
(Prebiotik dan probiotik memiliki nama yang hampir serupa tetapi ada perbedaan besar dalam cara mereka bekerja di tubuh Anda. Foto: Ingrid Hosfra/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Yogurt Mampu Kurangi Gejala Depresi dan Cemas)

"Salah satu rahasia untuk kesehatan pencernaan adalah menyeimbangkan bakteri baik dan jahat dalam usus Anda melalui makanan yang kaya probiotik bersama dengan serat prebiotik," kata Cabrero. 

Beberapa penelitian tentang probiotik menunjukkan bahwa bakteri ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan mengurangi peradangan kronis, yang dikaitkan dengan penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Mereka juga dapat memperbaiki pencernaan dan kulit dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Untuk menemukan makanan yang kaya akan kandungan probiotik, bisa ditemukan dalam makanan yang telah difermentasi seperti kefir, sauerkraut, natto, tempe, miso, kvass, kombucha, dan yogurt.





(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi